Kawoong Innovation: Pameran The Secret of Archipelago adalah Cara Nyata Melindungi Warisan Nusantara

Kawoong Innovation: Pameran The Secret of Archipelago adalah Cara Nyata Melindungi Warisan Nusantara

Founder Kawoong Innovation Hadi Wardoyo SH MH MM mengapresiasi terselenggaranya pameran The Secret of Archipelago sebagai wujud perlindungan budaya dari masa ke masa. --Kawoong Innovation

Ada masa di mana peradaban dan kebudayaan terus berkembang, tercipta kreasi seni beraneka ragam. Tiap kultur mengadopsi seni dari nilai-nilai kehidupan. Kita lihat banyak sekali relief candi misalnya.

"Itu menggambarkan kisah perjalanan pada masa-masa itu, berikut bentuk peralatan yang mereka gunakan," kata wanita yang akrab disapa Naning ini. Keagungan dan kearifan itu, lanjutnya, tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

BACA JUGA: Gelar Pameran Lukisan Art for Nature, ACI dan Wisma Jerman Kolaborasikan Seni dan Lingkungan untuk Masa Depan Hijau

Meskipun roda zaman terus melaju, kendati modernitas menggempur sedemikian rupa. Seperti kata pepatah, kehidupan adalah sebuah siklus lingkaran. Semua akan kembali pada titik permulaan.

Ketika orang merasakan kejenuhan akan perkembangan teknologi, mereka merindukan kehidupan masa lampau. Begitu pula sebaliknya, orang-orang terdahulu berangan-angan tentang kehidupan masa depan. 

"Justru sejarah masa lalu sebagai pembuka jalan bagaimana peradaban terus berkembang dan beradaptasi. Ingat penuturan Cicero Historia Magistra Vitae. Sejarah adalah guru kehidupan. Kita perlu terus merawatnya sebagai pembelajaran penuh makna," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: