Drama Kualifikasi GP Amerika: Norris Raih Pole Position Dibantu George Russell

Drama Kualifikasi GP Amerika: Norris Raih Pole Position Dibantu George Russell

Drama kualifikasi GP Amerika: Norris raih pole position dibantu George Russell. Foto: Norris diapit Verstappen dan Carlos Sainz.-Mark Thompson-AFP

Sabtu yang seru. Itu mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan ketegangan dalam perebutan pole position pada Grand Prix Formula 1 yang akan berlangsung Minggu (20/10) di seri GP Amerika Serikat.

Setelah kehilangan dua poin dari pemimpin klasemen kejuaraan dalam sesi Sprint Race, Lando Norris merespons dengan cepat di sesi kualifikasi. Ia bangkit dan mengalahkan rival utamanya, Max Verstappen, untuk merebut posisi terdepan di F1 GP Amerika Serikat.


Drama kualifikasi GP Amerika: Norris raih pole position dibantu George Russell. Foto: Russell saat kecelakaan di akhir sesi kualifikasi.-Crash-

Norris awalnya mencatat waktu 1 menit 32,330 detik pada putaran pembuka. Menggeser Max Verstappen yang memimpin di Q1 dan Q2. Meski Verstappen sedikit lebih lambat pada putaran kedua, tidak ada pembalap lain yang mampu memperbaiki catatan waktunya.

BACA JUGA:Alpine Umumkan Proyek Hypertech, Tinggalkan Renault di 2026

BACA JUGA:Red Bull Putus Kontrak Daniel Ricciardo, Liam Lawson Jadi Pengganti

Sesi pun diakhiri dengan bendera kuning setelah George Russell kehilangan kendali dan menabrak tembok di Tikungan 19 pada detik-detik terakhir. Untungnya, Russell selamat dari insiden tersebut.

Tim McLaren tampaknya "mencium" aroma kemenangan. Sementara Lando Norris kokoh di pole position dengan Max Verstappen yang tertinggal hanya 0,031 detik di posisi kedua. Dan Carlos Sainz dari Ferrari berada di posisi ketiga.

Rekan setim Carlos Sainz, Charles Leclerc, menduduki posisi keempat, diikuti oleh Oscar Piastri (McLaren) di P5. Sebelum kecelakaannya, George Russell menempati posisi keenam.


Drama kualifikasi GP Amerika: Norris raih pole position dibantu George Russell. Foto: Lando Norris dan Max Verstappen berbincang usai kualifikasi.-Formula 1-

Pierre Gasly dari Alpine berada di P7, sementara Fernando Alonso di P8 untuk Aston Martin.

BACA JUGA:McLaren Bajak Will Courtenay dari Red Bull, Performa Bakal Makin Mengerikan

BACA JUGA:Lando Norris Menangi GP Singapura 2024, Verstappen Harus Puas di Posisi Kedua

Kevin Magnussen tampil mengesankan dengan menempati posisi kesembilan untuk Haas, penampilan pertamanya di Q3 sepanjang tahun 2024. Sergio Perez harus puas di urutan ke-10 setelah waktu putaran pertamanya dihapus karena melanggar batas lintasan.

Yuki Tsunoda berada di P11, sementara Nico Hulkenberg dari Haas tersingkir di Q2 dan menempati P12. Esteban Ocon hanya mampu berada di P13, diikuti Lance Stroll di P14 dan Liam Lawson di P15, yang akan start dari grid paling belakang akibat penalti unit tenaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc