Hari Santri 2024, Khofifah Serukan Santri Jadi Garda Moral dan Penggerak Inovasi

Hari Santri 2024, Khofifah Serukan Santri Jadi Garda Moral dan Penggerak Inovasi

Calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerukan bahwa santri harus menjadi garda moral dan penggerak inovasi di tengah transformasi digital.-Tim Media Khofifah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa mengajak para santri untuk menjadi penjaga moral sekaligus inovator dalam menghadapi era transformasi digital dan tantangan global

Dalam peringatan Hari Santri 2024 pada 22 Oktober kali ini, Khofifah menekankan pentingnya kombinasi antara nilai-nilai agama yang kuat dengan penguasaan teknologi modern.

Tentu, supaya santri mampu menjadi agen perubahan yang relevan di tengah arus globalisasi dan krisis moral dunia.

BACA JUGA:Khofifah Wadahi Aspirasi Nelayan Muncar, Dorong Perluasan TPI dan Pembangunan Pemecah Gelombang

Khofifah berharap para santri menjadi agent of change atau agen perubahan dalam menghadapi tantangan global.  Terutama dengan kombinasi antara pendidikan modern dan penguatan nilai-nilai moral dan sosial.

Hal itu sejalan dengan tema Hari Santri 2024 yakni Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan

Tema itu mengajak para santri untuk melanjutkan semangat perjuangan yang diwariskan oleh pendahulu mereka. Sambil bersiap diri meningkatkan kapasitas dan kompetensi menghadapi tantangan kehidupan yang makin kompleks.

BACA JUGA:Khofifah ke Bangkalan, Kunjungi Sentra Produksi Batik Tanjung Bumi

"Santri diharapkan dapat terus berinovasi, beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta turut berperan dalam menyelesaikan isu-isu global seperti perubahan iklim, krisis sosial dan ekonomi, serta perkembangan teknologi digital," kata Khofifah di Surabaya, Selasa, 22 Oktober 2024.

Khofifah mengatakan, santri memiliki peran dalam membawa perubahan positif bagi lingkungan di sekitarnya.

Dengan prinsip-prinsip Islam yang kuat, santri diharapkan bisa menjadi kekuatan moral dalam menghadapi tantangan global​.

Yang mana, para santri berperan penting dalam menjaga nilai-nilai keagamaan sambil aktif berkontribusi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, teknologi, dan ekonomi. 

BACA JUGA:Khofifah Puji Pencapaian Jokowi dan Sambut Optimistis Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Santri harus mampu menghadapi arus modernisasi tanpa meninggalkan nilai-nilai agama dan etika,” jelas Khofifah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: