Kementerian Keuangan Lepas dari Kemenko Perekonomian, Koordinasi Langsung dengan Presiden dalam Kabinet Merah Putih

Kementerian Keuangan Lepas dari Kemenko Perekonomian, Koordinasi Langsung dengan Presiden dalam Kabinet Merah Putih

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) bersama Presiden Prabowo Subianto.--Instagram @smindrawati.

Di kabinet Prabowo, Kementerian Pertanian berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pangan, Kementerian ATR/BPN di bawah Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Lalu, Kementerian Koperasi dan Kementerian UKM di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Sinyal pergeseran kedudukan kementerian teknis telah diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Saat ditemui di kantornya kemarin, dia mengatakan, ada perubahan konsentrasi dari kementerian yang dinaunginya.

BACA JUGA:Dikritik Mahfud MD Karena Pakai KOP Kementerian untuk Acara Pribadi, Mendes Ngeles...

BACA JUGA:Prabowo Lantik Utusan Khusus hingga Bentuk Badan Baru, Ada Raffi Ahmad, Budiman, sampai Gus Miftah

Salah satu perubahannya mencakup pergeseran kementerian di bidang energi, investasi, dan pariwisata yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) kini menjadi di bawah Kemenko Perekonomian.

Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyani akan memulai perjalanan barunya, didampingi tiga wakil menteri: Suahasil Nazara, Thomas Djiwandono, dan Anggito Abimanyu.

Deni menyampaikan bahwa pergeseran itu mempertimbangkan lingkup tugas dan fungsi kementerian yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati itu.

“Serta kapasitas kewenangannya telah melaksanakan koordinasi dan pengendalian yang sifatnya lintas sektor,” ujar Deni Surjantoro.

Presiden Prabowo Subianto berharap agar perubahan itu akan meningkatkan kinerja kementerian dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di Indonesia. (*)

*) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Peserta Magang Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: