ARTSUBS, Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia Digelar di Surabaya

ARTSUBS, Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia Digelar di Surabaya

Pameran Seni Rupa ARTSUBS pertama di Surabaya, mengusung tema Ways of Dreaming. Terkait cara seniman menginterpretasikan perubahan sosial di Indonesia.-Dinar Mahkota Prameswari-HARIAN DISWAY

Tema itu juga menyoroti paradoks dan kritik terhadap kemajuan yang dikejar masyarakat Indonesia. Para seniman, dengan caranya masing-masing, mengajak pengunjung untuk merenungkan berbagai aspek kehidupan modern melalui sudut pandang yang unik dan kritis.

Seni rupa kontemporer Indonesia dianggap mampu menjadi representasi kritis terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Mulai dari isu sosial hingga dampak kemajuan teknologi.

BACA JUGA:Pameran Lukisan ArtKroobatik, Sajikan Karya Seni Rupa dengan Teknik Membatik

Di tengah tantangan sebagai negara maju, karya-karya yang dipamerkan di ARTSUBS diharapkan dapat memicu kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya self-criticism. Sebab, itu merupakan salah satu kunci kemajuan.

Seni rupa kontemporer dinilai mampu menyodorkan daya kritis yang diperlukan untuk menyadari tantangan yang dihadapi bangsa ini.

Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, hingga kini belum memiliki pameran seni rupa kontemporer berskala nasional.

BACA JUGA:Pameran Bertajuk Merayakan Perjalanan: The Unseen, Menyibak Hal-Hal yang Tak Terlihat


Jumpa pers ARTSUBS, pameran seni rupa kontemporer berskala nasional digelar di Surabaya, 26 Oktober 2024.-Dinar Mahkota Prameswari-HARIAN DISWAY

Rambat berharap ARTSUBS mampu mengisi kekosongan tersebut dan menjadi platform bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk menikmati dan meresapi seni rupa kontemporer.

"Selain sebagai wadah apresiasi, ARTSUBS juga diharapkan dapat mendekatkan masyarakat dengan seni rupa kontemporer, seiring dengan perkembangan gaya hidup yang semakin cerdas dan berbudaya," ujarnya.

Sejalan dengan visi itu, ARTSUBS bertekad untuk menjadikan Surabaya sebagai salah satu pusat seni rupa kontemporer di Indonesia.

BACA JUGA:Seperti Sperma Terbaik: Peresmian Aucky Hinting Art House dan Pameran Tunggal Aucky Hinting

Maka, pameran itu bukan hanya dimaksudkan untuk mempercantik kota. Tetapi juga diharapkan dapat berperan sebagai pendorong ekonomi dan budaya yang memperkaya kehidupan masyarakat.

Sebagai pameran yang berkelanjutan, ARTSUBS akan diselenggarakan setiap tahun dengan harapan menjadi pesaing bagi pameran seni rupa besar lainnya di Indonesia, seperti yang ada di Jakarta dan Yogyakarta.

"Dalam pameran ini, keragaman karya seni sangat ditekankan. Mulai dari bentuk, medium, hingga gagasan artistik. karya-karya yang ditampilkan mencakup lukisan, patung, instalasi, fotografi, dan berbagai medium lainnya," ungkap Nirwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: