Lewat Entrepreneurial Selling Mahasiswa Universitas Ciputra Belajar Bisnis sejak Dini, Inilah Pemenangnya!

Lewat Entrepreneurial Selling Mahasiswa Universitas Ciputra Belajar Bisnis sejak Dini, Inilah Pemenangnya!

Antusiasnya kelompok ForVita saat sedang mempresentasikan berbagai strategi marketing yang sudah mereka lakukan sejak September hingga Desember. --Humas UC

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Beberapa perwakilan mahasiswa Universitas Ciputra (UC) tampak menjelaskan sesuatu di atas panggung. Kali ini UC mengadakan Closing Entrepreneurial Selling Awards 2024.

Berlangsung di Atrium Rotunda dan V Junction lantai 3 Ciputra World Surabaya pada Sabtu, 21 Desember 2024. Di panggung itulah, perwakilan yang tampil ke atas panggung adalah kelompok kelas yang sudah melakukan wirausaha.
Mahasiswa Universitas Ciputra memaparkan semua proses berjualan selama satu semester di depan para audien. -Dave Yehosua-HARIAN DISWAY

Mereka menjelaskan berbagai strategi apa yang dilakukan untuk menjual produknya. Ada yang menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, atau membuat kegiatan yang melibatkan banyak orang agar bisa menjual produknya.

Produk yang dijual juga bukan produk asal-asalan. Berbagai macam brand produk terkenal bisa terpampang di layar panggung saat mereka mempresentasikan hasil penjualannya. Hana Natalia menjelaskan terkait kegiatan tersebut.
Sesi foto bersama partisipan Entrepreneur Selling di Ciputra World pada Sabtu, 21 Desember 2024. --Humas UC

BACA JUGA: PT TPS Kolaborasi Dengan Universitas Ciputra Lewat Real Business Solution: Perkenalkan Industri Maritim Pada Kampus

Menurut Hana yang menjadi Koordinator Program Entrepreneurial Selling UC itu, UC bekerja sama dengan beberapa mitra perusahaan untuk melaksanakan kegiatan yang sangat penting untuk para mahasiswa.

"Acara ini merupakan penutupan dari mata kuliah wajib dari departemen School of Entrepreneurship and Humanities. Mata kuliah tersebut adalah langkah awal mahasiswa untuk mengenal dunia wirausaha," kata Hana.

Hana menjelaskan lebih lanjut bahwa mereka yang berpartisipasi di kegiatan tersebut merupakan mahasiswa UC semester satu dari berbagai jurusan. Hampir semuanya kecuali jurusan kedokteran.

Di mata kuliah tersebut mereka memilih perusahaan mana yang ingin mereka bantu pasarkan produknya. "Nah, setelah memilih kelas kemudian mereka akan dibimbing secara intensif oleh praktisi yang sudah mumpuni di bidangnya," jelasnya.
Kelompok Emina yang berhasil memenangkan nominasi kelas terbaik di Entrepreuner Selling 2024. --Humas UC

BACA JUGA: Universitas Ciputra Sukses Gelar KDMI 2024, Berikut Daftar Para Jawara!

BACA JUGA: KDMI 2024 di Universitas Ciputra: Akreditasi Juri, Tantangan dan Pembelajaran

Mulai dari pihak penjualan hingga CEO, akan memberikan kuliah setiap seminggu sekali. Setelah dibimbing barulah mereka berjualan. Saat berjualan dibagi menjadi dua kurun waktu, yang pertama penjualan individu.

Ketika itu mereka harus berjualan di sekitar kampusnya. Menjajakan secara langsung pada pengunjung atau mahasiswa yang ada di sana. Dari situ mereka akan belajar bagaimana menjajakan produk dan menerima penolakan.

"Penjualan tersebut dilakukan selama dua bulan dengan penetapan minimum omzet capaian," lanjutnya. Tiap kelas punya tingkat minimum omzet tergantung dengan kemampuannya. Lalu mereka memaparkan proses selama berjualan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: