Laporan Pelayanan Masyarakat ke Ombudsman 2024 Menurun

Laporan Pelayanan Masyarakat ke Ombudsman 2024 Menurun

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jatim Agus Muttaqin (kiri) saat memaparkan data laporan yang masuk ke Ombudsman RI Jatim, Selasa 31 Desember 2024.-Michael Fredy Yacob-

“Kami akan mendatangi daerah-daerah yang jauh dari Surabaya. Mungkin ke Pacitan, Trenggalek dan Banyuwangi. Juga beberapa pulau terpencil. Supaya masyarakat mengetahui kehadiran Ombudsman yang dibuat pemerintah untuk mengawasi kinerja pelayanan masyarakat,” bebernya.

Di 2024, laporan yang paling banyak masuk ke Ombudsman RI Jatim adalah masalah pertanahan. Sebanyak 116 kasus. Ia mengungkapkan, kasus pertanahan ini tidak selalu yang dilaporkan adalah kantor ATR/BPN saja yang dilaporkan.

“Ada juga yang melaporkan teman-teman di pemerintahan desa. Misalnya kepala desa yang menghambat warganya untuk mendapatkan sertifikat tanah dengan alasan tertentu, itu termasuk kategori pertanahan,” bebernya.

Lalu, laporan mengenai pendidikan sebanyak 78 laporan dan mengenai kepolisian sebanyak 44 laporan. “Laporan mengenai pendidikan ini mayoritas masuk saat penerimaan siswa baru atau PPDB,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: