Surabaya Goes to Wellness and Medical Center Tourism

ILUSTRASI Surabaya Goes to Wellness and Medical Center Tourism.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-
Spa tradisional di Surabaya menawarkan terapi berbasis herbal dengan bahan lokal seperti kunyit dan jahe. Data menunjukkan, spa di Surabaya mengalami peningkatan pelanggan sebesar 20 persen pada 2023.
Kedua, UMKM di Sektor Wellness. Peran UMKM Surabaya dalam menyediakan produk seperti jamu, makanan sehat, dan kosmetik alami makin penting. Pelaku usaha dapat berkolaborasi dengan platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Dalam wawancara dengan pelaku usaha jamu, Tri Widayati, disebutkan bahwa produk jamu tradisional mengalami peningkatan penjualan hingga 35 persen setelah pemasaran digital diperluas.
MEDICAL TOURISM: KEUNGGULAN KOMPETITIF DI SURABAYA
Surabaya memiliki berbagai keunggulan kompetitif dalam medical tourism, seperti berikut ini.
Pertama, Fasilitas Canggih. Rumah sakit di Surabaya menawarkan layanan seperti bedah jantung, fertilitas, dan perawatan estetika dengan standar internasional. Layanan itu makin diminati wisatawan dari negara tetangga.
Berdasar data Asosiasi Rumah Sakit Indonesia (ARSI), sebanyak 25 persen pasien internasional memilih Surabaya karena layanan berkualitas dengan biaya 30–40 persen lebih rendah daripada Singapura.
Kedua, Kemitraan Strategis. Kolaborasi antara rumah sakit dan agen perjalanan memudahkan medical tourist dalam merencanakan kunjungan mereka, mulai transportasi hingga pemulihan pasca perawatan.
Terbukti, rumah sakit Surabaya telah bekerja sama dengan agen perjalanan seperti Traveloka Health dan Halodoc untuk menawarkan paket wisata medis. Paket itu mencakup transportasi, akomodasi, dan konsultasi medis.
Ketiga, Tantangan Regional. Dalam bersaing dengan Singapura dan Malaysia, untuk medical tourist, Surabaya perlu meningkatkan promosi dan memastikan harga yang kompetitif tanpa mengurangi kualitas.
Oleh karena itu, dengan biaya yang lebih terjangkau dan fasilitas yang terus berkembang, Surabaya mampu menarik perhatian wisatawan dari Asia Tenggara.
STRATEGI PENGEMBANGAN DAN DUKUNGAN PEMERINTAH DAERAH
Untuk mengoptimalkan potensi health tourism dan meningkatkan daya saing, pemerintah daerah Surabaya dapat mengambil langkah-langkah berikut.
Pertama, Promosi Internasional. Mengadakan pameran kesehatan dan wellness di tingkat internasional seperti Indonesia Health and Wellness Expo yang dihadiri 10.000 pengunjung internasional pada 2023, sehingga menarik perhatian wisatawan global.
Kedua, Investasi Swasta. Mendorong investasi di fasilitas kesehatan dan wellness, baik melalui kerja sama publik-swasta maupun insentif pajak.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: