5 Langkah Membuat To Do List Harian agar Hidup Lebih Produktif

Strategi efektif seperti time blocking, menetapkan prioritas harian, dan mindfulness membantu kita mengelola waktu dengan lebih produktif.-George Milton-Pexels
HARIAN DISWAY - Di tengah kesibukan sehari-hari, wajar jika Anda merasa kewalahan. Apalagi jika banyak aktivitas yang menumpuk.
Tugas yang belum terselesaikan bisa membuat pikiran kacau. Bahkan berdampak pada menurunnya produktivitas. Jika dibiarkan, hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental maupun fisik.
Oleh karena itu, diperlukan metode yang sederhana namun efektif. Untuk membantu Anda tetap teratur dan fokus. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat to do list.
BACA JUGA:Rahasia Memulai Hari Lebih Produktif Lewat Morning Routine
BACA JUGA:Anak Muda Lebih Produktif di Malam Hari Dibandingkan Siang Hari
To do list atau daftar tugas harian berfungsi sebagai panduan. Supaya Anda tidak kehilangan arah dalam menjalani aktivitas. Dengan menulis dan menaatinya, otak tidak terbebani untuk terus mengingat semua hal sekaligus.
Cara Menerapkan To Do List agar Lebih Efektif
1. Tuliskan Semua Tugas
Langkah pertama, Anda bisa menulis semua tugas yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa banyak target yang harus ditata dan diselesaikan.
2. Susun Skala Prioritas
Tabel metode Eisenhower Matrix-Freepik-
Setelah daftar terkumpul, atur berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya. Anda bisa menggunakan metode Eisenhower Matrix: membagi tugas menjadi 4 kategori: penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, dan tidak penting-tidak mendesak.
BACA JUGA:Daftar Kegiatan Produktif Saat Terjebak Hujan di Rumah
BACA JUGA:Gaya Hidup Produktif Tanpa Kafein, Tingkatkan Fokus Tanpa Kopi
3. Buat Jadwal Harian Lengkap dengan Jam
Selain Anda perlu untuk menuliskan daftar, Anda bisa melengkapi juga dengan waktu pengerjaan. Misalnya, menulis laporan pukul 09.00–11.00 atau olahraga sore pukul 17.00–18.00. Jadwal yang terperinci akan membantu Anda lebih disiplin dalam mengalokasikan waktu.
4. Perbarui Setiap Malam dan Tandai yang Sudah Selesai
Sebelum tidur, sempatkan waktu untuk mengecek daftar tugas Anda di hari itu. Tandai yang sudah selesai dan catat apa yang perlu dilanjutkan besok. Aktivitas kecil itu memberi rasa pencapaian. Sekaligus menjaga konsistensi.
5. Evaluasi dan Rayakan Keberhasilan
Ilustrasi menggunakan waktu sehari-hari dengan kegiatan yang produktif.--unsplash.com.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: