Pemeran Ikal Kecil di Film Laskar Pelangi Diamankan Polisi, Diduga Terlibat Kasus Begal di Belitung Timur

Sabtu 29-04-2023,23:07 WIB
Reporter : Gunawan Sutanto
Editor : Gunawan Sutanto

Masih ingat Film Laskar Pelangi? Di film itu ada karakter bernama Ikal. Pemeran Ikal kecil di film itu adalah Zulfanny. Kabarnya, Zulfanny diamankan kepolisian karena terlibat kasus pembegalan, pada Sabtu malam, 29 April 2023.

Dikutip dari Belitong Ekspres (Disway.id National Network), pemeran Ikal kecil itu ditangkap jajaran Reskrim Polsek Gantung, Belitung Timur. 

Dikonfirmasi Belitong Ekspres, Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Wawan Suryadinata membenarkan penangkapan pemeran film Laskar Pelangi tersebut. Namun Wawan enggan merinci karena masih dalam pendalaman.

"Benar bang, masih kita dalami (pemeriksaan)," ujar AKP Wawan, Sabtu.


Foto ketika polisi mengamankan pemeran Ikal kecil di Film Laskar Pelangi, Zulfanny.--

Wawan memastikan anggota Reskrim Polres Belitung Timur telah melakukan gelar perkara di Tempat Kejadian Perkara (TKP), pada Sabtu malam. "Setelah penangkapan, kami langsung lanjutkan dengan gelar perkara," ujar Wawan.

Menurut Wawan keterangan pelaku Ikal akan dikonfrontir dengan pelapor, untuk melengkapi berkas perkara begal tersebut. "Kami masih melakukan pemeriksaan termasuk dari pihak pelapornya (korban begal, red)," kata AKP Wawan.

Sementara itu dari dihimpun Belitong Ekspres, Zulfanny melakukan aksi begal pada Jumat malam di kawasan Jalan Raya Manggar-Gantung.

Ikal sendiri termasuk tokoh utama di film Laskar Pelangi yang digarap Riri Riza itu. Film Laskar Pelangi sendiri diadopsi dari novel karya Andrea Hirata. Seorang penulis yang juga asal Gantung, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata diterbitkan pada 2005. Novel itu bercerita tentang sekelompok anak-anak yang tumbuh besar di sebuah desa miskin di Pulau Belitong.

Perjuangan mereka mendapatkan pendidikan sangat luar biasa, meskipun menghadapi berbagai rintangan. Termasuk kemiskinan, fasilitas yang buruk, dan kurangnya dukungan dari pemerintah.

Ikal karakter protagonis dari novel tersebut. Ia mewakili sang penulis dalam kisah.

Ikal adalah anak laki-laki yang cerdas dan penasaran yang bermimpi menjadi seorang penulis dan melarikan diri dari keputusasaan kampung halamannya.



Zulfanny ketika kecil memerankan karakter Ikal di Film Laskar Pelangi yang dirilis 2008 silam.--

Meskipun menghadapi banyak tantangan, termasuk masalah keuangan keluarganya dan kesulitan akademiknya sendiri, Ikal tetap bertahan dan akhirnya lulus dari sekolah menengah.

Karakter Ikal Laskar Pelangi menjadi ikon dalam sastra Indonesia. Ikal menginspirasi banyak pembaca untuk mengejar impian mereka dan mengatasi kesulitan.

Novel ini kemudian diadaptasi menjadi film yang sukses pada 2008. Zulfanny memerankan Ikal saat kecil. Sedangkan Ikal dewasa diperangkan oleh Lukman Sardi.

Kategori :