Kelurahan Pangongangan, Juara Kategori Sinergi Antarlembaga Patriot Jawi Wetan 2023: Berdayakan Kader Lingkungan dan Peduli Lansia

Kamis 28-09-2023,08:00 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Noor Arief Prasetyo

Kelurahan Pangongangan, Kota Madiun, letaknya di pusat pemerintahan. Pun di pusat wisata ikonik kota tersebut. Kelurahan itu memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola wilayahnya. Pasca meraih gelar Inovasi Sinergi Antarlembaga, kelurahan itu terus bekerja dan merilis inovasi-inovasi baru.

Ketika penjurian Patriot Jawi Wetan 2023, Pemerintah Kota Madiun menyediakan Madiun Bus On Tour (Mabour), sebagai transportasi untuk meninjau beberapa titik. Tim juri bersama tiga pilar Kelurahan Pangongangan dan para stakeholder, melakukan perjalanan di seputar areal kelurahan itu.

Di tengah perjalanan, para warga menyapa tiga pilar. Terutama menyapa Lurah Eva Anjarika Rahmawati. Lurah muda itu memang sangat akrab dengan warganya. Tak terhitung berapa kali dia melambai-lambaikan tangan pada mereka sembari tersenyum. Bahkan hapal nama satu per satu warga yang menyapa.

BACA JUGA:Desa Sengguruh, Juara Kategori Pelayanan Publik Anugerah Patriot Jawi Wetan: Si Patas Makin Canggih, CCTV Makin Luas

BACA JUGA:Juara 3 Anugerah Patriot Jawi Wetan Batuporo Barat, Sampang: Pulang dari Grahadi Langsung ke RSUD Besuk Warga

Begitu pula Babinsa Serda Yuliawan dan Peltu Kamidi, serta Bhabinkamtibmas Aiptu Suryadi. Pemerintah Kota Madiun, kelompok warga, komunitas kreatif, sampai tingkat RT-RW pun kompak dan menyatu. Sinergitas itu yang membuat program-program mereka berjalan lancar. Semua pihak mendukung. 

Pun, Kelurahan Pangongangan layak mendapat gelar Inovasi Sinergi Antarlembaga dalam gelaran Patriot Jawi Wetan 2023. Saat awarding pada 20 September 2023, tiga pilar itu hadir dengan sumringah. Apalagi Lurah Eva bertemu kawan sejawatnya saat kuliah di IPDN. Yakni Aswin Rikha Wijaya, Lurah Ploso, Pacitan.

"Momen ini sekaligus membuat kami bersilaturahmi dengan teman lama, serta tiga pilar-tiga pilar inspiratif dari berbagai daerah," ujarnya. 

Terkait penghargaan, Lurah Eva senada dengan Lurah Aswin. Mereka berpendapat bahwa masuk 10 besar Patriot Jawi Wetan adalah sebuah pencapaian yang patut disyukuri.

BACA JUGA:Kategori Bela Negara Patriot Jawi Wetan 2023, Desa Dukuh, Kediri: Akan Lebih Berdayakan UMKM

BACA JUGA:Juara 2 Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023: Gaster Diperluas, Dipadukan Pengolahan Biogas

"Jadi malam ini indah. Apa pun hasilnya," ujar lurah 32 tahun itu, lantas tersenyum. Begitu pun dengan Serda Yuliawan dan Aiptu Suryadi. Seperti saat penjurian, mereka tetap kompak. Bekerja bersama, sehari-hari pun bersama pula. Berikut sama-sama saling bahu-membahu berinovasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan warga.

Mendengar nama ketiganya disebut untuk meraih penghargaan, tiga pilar itu nampak tersenyum. Menghadap para tamu dan memberi hormat. Ketiganya sepakat bahwa penghargaan tersebut akan semakin memacu mereka untuk berbuat lebih. 


Taman toga di Kelurahan Pangongangan,  Mangunharjo, Kota Madiun yang dijadikan program andalan dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023.-Julian Romadhon-

Pada 21 September 2023, sehari setelah menerima penghargaan, Kelurahan Pangongangan kembali bekerja. Mereka menggelar rapat tiga pilar plus LPMK untuk membahas masalah kerukunan dan inovasi kelurahan ke depan. "Terutama di bidang UMKM batik dan pengelolaan limbah lingkungan," ungkap Aiptu Suryadi.

Kategori :