Selain itu juga bisa membuat perencanaan pengelolaan bus dan feeder mulai dari penyediaan personel, pembuatan Standard Operational Procedure (SOP), pengawasan kepada pengelola bus dan feeder terkait aspek–aspek keamanan, keselamatan, keterjangkauan, kenyamanan, keteraturan, dan kesetaraan dalam mengoperasikan angkutannya.
William berharap ketika sistem sudah jadi maka bisa diambil alih kembali oleh pemkot. Sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) Surabaya. Salah satu skemanya misalnya dengan BUMD maupun Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
BACA JUGA: Siap-Siap, Pemkot Surabaya Buka 2.789 Formasi ASN 2024
"Ya kalau langsung pihak ketiga bakal cari untung dan kalau terlalu mahal, orang enggak mau pindah ke transportasi umum. Kalau enggak ya kita subsidi sampai mereka pindah ke transportasi publik," jelasnya. (Wulan Yanuarwati)