Kisah MERR Runners, Komunitas Lari yang Ingin Berdampak untuk Kota Surabaya

Kamis 23-05-2024,08:31 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Retna Christa

BACA JUGA:Pagoda Tian Ti Jadi Ikon Sincia Run 2024

Setelah diangkut menuju tepi sungai, member MERR Runners dan staf DLH mencangkul tanah sebagai tempat penanaman. Kemudian mengisinya dengan tanah taman.

"Tidak bisa langsung ditanam dengan tanah asli. Lubang cangkulan harus diisi tanah taman dulu. Supaya lebih subur," ujar Mirna.

Para member tampak bersemangat dalam menanam pohon. Seperti Candra Wijaya. Ia turut mencangkul lubang-lubang untuk sarana meletakkan tabebuya. "Ini yang bikin tubuh semakin sehat dan semangat," ujarnya, kemudian tersenyum. 

Setelah didirikan, untuk menahan tabebuya agar tidak goyah, mereka memasang penyangga kayu di kanan-kiri. Kemudian menyematkan pita kecil merah-putih di batang pohon tersebut. Tahap terakhir, penyiraman.

"Jadi Community Run ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga menjadi wujud nyata dari MERR Runners dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup," ujar Budiadji.

Tentu pada musim panas ini keberadaan pohon rindang di Surabaya cukup penting. Untuk menambah kesejukan dan keasrian kota. 


MERR Runners, berlari dan berdampak untuk Kota Surabaya. Proses menyematkan pita merah-putih di batang pohon tabebuya oleh member MERR Runners, dalam acara Community Run, pada Kamis, 23 Mei 2024.-Boy Slamet -Harian Disway

BACA JUGA:Spider-Woman Ikut Lari dalam Ajang Sincia Run 2024

"Selain itu, penanaman pohon akan membantu mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman. Khususnya bagi warga Surabaya Timur," tambah pria 45 tahun itu.

Tak hanya peduli lingkungan hidup, MERR Runners pernah pula mengadakan kegiatan bakti sosial untuk dua panti asuhan di Surabaya. "Bulan Maret silam, kami mengunjungi dua panti asuhan. Memberikan bantuan sosial untuk mereka," ujar Natalia Peni, salah seorang anggota komunitas.

Dua panti asuhan itu adalah Panti Asuhan Al Jabbar, di kawasan Jalan Penjaringan, Surabaya, serta Panti Asuhan Ada Hari Esok, berlokasi di kawasan Jalan Tambak Segaran, Surabaya.

Maka selain menyehatkan tubuh, kegiatan-kegiatan lari komunitas MERR Runners juga memberi dampak yang jelas bagi lingkungan dan masyarakat Kota Surabaya. Berlari sekaligus peduli. 

"Ke depan, kami mengagendakan kegiatan-kegiatan yang mempunyai impact yang jelas bagi Kota Surabaya. Seperti kegiatan siang ini," pungkas Budiadji. (*)

Kategori :