Mengulik Sejarah Hari Jamu Nasional 27 Mei, Asal-Usul, hingga Aneka Khasiat Minuman Tradisional

Senin 27-05-2024,09:31 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Retna Christa

Sebelum mulai mengonsumsi jamu, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Berikut adalah beberapa khasiat dari jamu yang wajib And ketahui.

Indonesia memiliki berbagai jenis jamu yang masing-masing menawarkan manfaat unik. Berikut adalah beberapa jamu populer beserta khasiatnya:


MENGULIK sejarah Hari Jamu Nasional 27 Mei, asal-usul hingga aneka khasiat minuman tradisional. Foto: Dulu jamu dijajakan dengan cara digendong.-Edi Sutriyono-Kemenparekraf

1. Jamu Beras Kencur: Dikenal untuk menghilangkan pegal, meredakan batuk, meningkatkan nafsu makan, dan melancarkan peredaran darah.

2. Jamu Kunyit Asam: Bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, menyegarkan tubuh, dan mencegah sariawan.

BACA JUGA:Pabrik Jamu Ilegal di Banyuwangi Disegel

3. Jamu Temulawak: Sering digunakan untuk mencegah penyakit hati dan menurunkan kolesterol, serta populer sebagai pengobatan hepatitis.

4. Jamu Uyup-uyup atau Gepyokan: Dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI), menghilangkan bau badan, dan memberikan efek menenangkan pada perut.

5. Jamu Cabe Puyang: Terkenal karena khasiatnya dalam menghilangkan pegal linu.

Itulah penjelasan terkait Hari Jamu Nasional di Indonesia. Anda bisa memperingati perayaan tersebut dengan menambah wawasan tentang khasiat jamu dan mengonsumsi jamu sesuai dengan kebutuhan. (Jessica Laurent)

Kategori :