10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

Senin 10-06-2024,16:00 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Taufiqur Rahman

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berjalan kaki di pagi hari saat matahari terbit membantu tubuh mensintesis vitamin D, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Studi dari North Carolina Research Campus menunjukkan bahwa jalan kaki atau olahraga aerobik selama 30-45 menit setiap hari dapat mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas.

8. Memperlancar Aliran Darah ke Otak

Berjalan kaki selama dua puluh menit dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Aliran darah yang lancar sangat penting bagi kesehatan otak dan tubuh karena membantu membawa nutrisi ke sel dan membuang racun.

9. Menurunkan Risiko Depresi

Sebuah tinjauan dari 49 studi yang dipimpin oleh King's College London menemukan bahwa berolahraga hanya dua puluh menit sehari dapat mengurangi risiko depresi hingga sepertiganya.

Tinjauan ini menyimpulkan bahwa berbagai jenis aktivitas aerobik sedang, seperti bersepeda atau jalan cepat, dapat meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko depresi.

10. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Laporan dari Harvard pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa berjalan kaki selama 20-30 menit dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Orang yang rutin berjalan kaki cenderung memiliki performa yang lebih baik dalam tes, mampu berpikir lebih cepat, dan lebih tepat waktu.

BACA JUGA:Tujuh Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Itulah beberapa manfaat yang didapat jika Anda melakukan jalan kaki di pagi hari, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan kemampuan kognitif pada otak.

Ayo mulai berolahraga dengan rutin jalan kaki di pagi hari dan rasakan maanfaatnya! (Jessica Laurent)

Kategori :