Bosen Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu? Coba Lakukan 7 Hal Ini, Nomor 4 Sangat Menarik Tuh!

Minggu 08-09-2024,10:37 WIB
Reporter : Anik Zulfia
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Menjadi mahasiswa kadang bisa terasa seperti hidup dalam sebuah gelembung, ketika rutinitas sehari-hari dan tekanan akademis dapat membuat seseorang merasa terjebak. Apalagi jika Anda hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu.

Rutinitas yang dijalani pasti sangatlah membosankan. Jika Anda anak ekstrovert dan saat ini menjadi mahasiswa kupu-kupu, Anda pasti sekarang sedang merasa seperti kupu-kupu yang terjebak dalam kepompongnya.

Mungkin saat ini adalah saatnya Anda untuk mengeksplorasi beberapa cara baru untuk memperkaya pengalaman, melawan kebosanan, dan menambah warna dalam kehidupan. Berikut beberapa ide yang bisa Anda lakukan. Menarik lho! 

1. Bergabung dalam Organisasi Mahasiswa

BACA JUGA: Buat Mahasiswa yang Bosen Nugas di Kampus, Ini Lho Co-Working Space yang Cocok Jadi Alternatif

Bergabung dalam organisasi mahasiswa dapat membuka pintu untuk pengalaman baru dan memungkinkan Anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Di kampus, sangatlah mudah menemukan orang-orang yang demikian.

Anda bisa bergabung dengan klub olahraga, kelompok kegiatan sosial, atau perkumpulan akademis yang banyak disediakan di kampus. Bisa saja dalam organisa mahasiswa resmi yang didirikan untuk menampung mahasiswa dengan jurusannya masing-maisng.

2. Ikuti Kegiatan yang Tidak Terkait dengan Jurusan Anda

Melangkahlah keluar dari lingkup mata kuliah rutin Anda. Salah satunya bisa dengan mengikuti kursus atau workshop yang tidak terkait dengan jurusan, dapat memberikan perspektif yang segar dan meningkatkan keterampilan di luar akademis.

BACA JUGA: Kampus Mengajar Menjadikan Mahasiswa Lebih Pede dan Berpengalaman

Misalnya, Anda dapat mencoba kursus seni, musik, atau bahkan memasak. Sepertinya tidak ada hubungannya sama sekali dengan yang Anda minati atau bukan hobi Anda tetapi hal ini akan memberikan pengalaman yang baru dan berbeda.

3. Ambil Bagian dalam Proyek Kolaboratif

Bekerja sama dengan sesama mahasiswa untuk membangun sesuatu yang berarti dapat memberikan rasa pencapaian dan hubungan yang kuat. Aktiflah untuk mencari cara mengambil bagian dalam proyek kolaboratif yang banyak dibuka.

Contohnya seperti membangun proyek penelitian, proyek kewirausahaan, atau proyek layanan masyarakat, melibatkan diri dalam kolaborasi dapat mengubah pengalaman belajar Anda menjadi sesuatu yang lebih nyata dan berdampak.

BACA JUGA: Content Creator Bro Jabro Meninggal, Simak Profil dan Perjalanan Karier si Mahasiswa Bersayap 

4. Jelajahi Program Pertukaran atau Program Studi Lapangan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengikuti program pertukaran atau program studi lapangan di luar negeri. Saat ini sudah banyak jalur yang bisa mengantarkan Anda untuk mendapatkan pengalaman ini baik singat ataupun lama.

Ini tidak hanya memberikan pengalaman budaya yang tak terlupakan di negeri orang yang memperkaya pengalaman Anda selama kulia. Tetapi lebih jauh dari itu juga akan membuka cakrawala baru dalam pemahaman tentang dunia dan diri sendiri.

5. Jadilah Relawan

Menyisihkan waktu untuk menjadi relawan dalam komunitas lokal atau untuk organisasi nirlaba dapat memberikan rasa pencapaian dan memberi perspektif yang berharga tentang masalah-masalah sosial dan lingkungan.

BACA JUGA: Aplikasi Prediksi Cuaca Jangka Panjang untuk Sukseskan Pembangunan Infrastruktur Ini Bikinan Mahasiswa Untag Surabaya

6. Jelajahi Hobi Baru

Temukan hobi baru yang dapat menjadi pelarian dari tekanan akademis. Contohnya seperti mendaki, fotografi, atau bahkan menulis. Memiliki hobi di luar kegiatan akademis dapat membantu menjaga keseimbangan hidup yang sehat.

7. Manfaatkan Sumber Daya Kampus

Jangan lupa untuk memanfaatkan sumber daya kampus, mulailah dari fasilitas olahraga hingga pusat karier. Ada banyak peluang yang tersedia di kampus yang dapat membantu untuk tumbuh dan berkembang di luar kelas.

Dengan mencoba beberapa ide di atas, Anda dapat menemukan cara baru untuk mengatasi kebosanan dan memperkaya pengalaman sebagai mahasiswa. Ingat, kesempatan tak banyak terulang lagi. Jangan sampai Anda melewatkannya.

BACA JUGA: Mahasiswa Harus Bisa Menjadi Agen Perubahan di Dunia Digital

Ingat pula bahwa hidup sebagai mahasiswa tidak hanya tentang mengejar nilai, tetapi juga tentang menjalani pengalaman yang membangun dan memenuhi. Tinggal bagaimana Anda sesuaikan dengan target yang ingin Anda capai, baiknya cobalah dulu . (*)

*) Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :