Wanita Ternyata Butuh Asupan Nutrisi Khusus Untuk Mendukung Fungsi Utama Tubuh, Apa Saja

Selasa 11-06-2024,18:09 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Taufiqur Rahman

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial yang berperan penting dalam kesehatan jantung, fungsi otak, dan mengurangi peradangan. 

Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 juga dapat membantu meredakan nyeri menstruasi dan mendukung regulasi mood, sehingga sangat bermanfaat bagi wanita. 

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden adalah sumber omega-3 yang kaya. Demikian juga dengan biji rami, biji chia, kenari, dan biji rami.

BACA JUGA:Perempuan Suka Ngompol? Ini Tip Perawatannya

Kalsium

Kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta fungsi otot dan transmisi saraf. 

Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis di kemudian hari, sehingga asupan kalsium sangat penting. 

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju adalah sumber kalsium yang sangat baik, namun pilihan non-susu seperti susu nabati, juga tahu, almond, dan sayuran hijau seperti kale dan brokoli merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi.


Lima nutrisi penting untuk kesehatan optimal wanita. Mengonsumsi minuman yang mengandung zat besi dapat bermanfaat untuk kesehatan perempuan.-freepik-freepik.com

BACA JUGA:Langkah Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Perempuan 30-40 Tahun

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium, kesehatan tulang, dan fungsi kekebalan tubuh. 

Banyak wanita memiliki tingkat vitamin D yang tidak memadai, terutama mereka yang tinggal di daerah dengan sinar matahari terbatas atau menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan. 

Meskipun tubuh dapat memproduksi vitamin D melalui paparan sinar matahari, sumber makanan termasuk ikan berlemak, produk susu yang diperkaya, telur, dan jamur juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. 

Wanita juga dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D, terutama selama bulan-bulan musim dingin atau jika disarankan oleh dokter atau ahli gizi.

Kategori :