Veemlight, Grup Perkusi asal Surabaya Ramaikan The Grand Maha Karaoke

Sabtu 03-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Veemlight, salah satu kelompok perkusi ternama Surabaya, tampil dalam The Grand Maha Karaoke. Kelompok itu satu-satunya grup perkusif di ajang tersebut. Pementasan mereka dibagi di tiga titik venue di Pos Bloc, Surabaya. Memainkan komposisi jingle iklan dengan alat musik pukul.

Di ruang tunggu artis, di belakang panggung ruang dalam Pos Bloc. Puluhan personel Veemlight bersiap dengan alatnya masing-masing. Stik drum di tangan. Berlatih single stroke. Yakni teknik memukul snare secara bergantian. Kiri dan kanan.

Kemudian mereka berlatih double stroke. Dua kali pukulan tangan kiri, dua kali kanan. Bergantian. Meski tanpa alat musik, pukulan-pukulan itu menunjukkan rudiments atau pola dasar pukulan drum yang menjadi pondasi untuk komposisi yang lebih kompleks.

BACA JUGA:Ada Secondhand Serenade! SOD Vol.6 Surabaya Mulai Hari Ini, Cek Line Up Lengkapnya


Veemlight, Grup Perkusi asal Surabaya Ramaikan The Grand Maha Karaoke. Para personel Veemlight jelang tampil dalam The Grand Maha Karaoke di Pos Bloc Surabaya.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

Total terdapat 20 pemain Veemlight. Mereka dibagi dalam tiga kelompok yang tampil di tiga titik. Memainkan komposisi jingle iklan. Jika jingle aslinya terdengar sederhana, di tangan Veemlight, komposisinya lebih variatif dan rumit. 

"Kami memasukkan unsur perkusif modern. Secara keseluruhan kami menggunakan metode seperti marching band. Ada quatro, bass drum, snare, trompet, dan lain-lain. Tapi untuk malam ini, kami menggunakan alat pukul saja," ujar Rulland Yanuarboy, manajer Veemlight. 

Veemlight tampil di tiap pertengahan pementasan The Grand Maha Karaoke. Event itu berlangsung selama 3 hari. Yakni pada 2-4 Agustus 2024 di Pos Bloc Surabaya. Pada hari pertama, mereka tampil sepanggung dengan Souljah, Gildcoustic, Oomleo, Ucup Pop, dan D'Masiv.

BACA JUGA:The Script Bakal Konser di Jakarta dan Surabaya Tahun Depan, Ini Detail Jadwalnya


Veemlight, Grup Perkusi asal Surabaya Ramaikan The Grand Maha Karaoke. Berry FS Pariela, pemain snare dalam Veemlight saat memainkan komposisi jingle iklan di The Grand Maha Karaoke.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

Veemlight merupakan kelompok perkusi yang didirikan sejak 2013. "Ide awalnya muncul sejak 2012. Namun, baru dilaunching pada 2013. Kelompok kami ini semacam sanggar khusus perkusi," ungkap Rulland. 

Kelompok itu kerap melakukan pentas di berbagai event di Jawa Timur. Beberapa di antaranya adalah event-event yang digelar Surabaya Pahlawan Jazz dan Surabaya Entertainment Club. "Biasanya yang tampil para player perkusif perempuan. Namun, untuk event The Grand Maha Karaoke ini kami menampilkan player laki-laki semua," terang pria 43 tahun itu.

Itu menunjukkan bahwa Veemlight merupakan komunitas yang terdiri dari berbagai player. Bukan kelompok yang memiliki personel inti. Mereka dapat berganti-ganti player untuk memberi kesempatan bagi yang lain. Pun, kerap disesuaikan dengan komposisi yang dimainkan. Sebab, beberapa player tentu memiliki spesifikasi khusus.

BACA JUGA:Brian McKnight Gelar Konser di Jakarta 20 September 2024, Tiket Mulai Dijual Hari Ini!


Veemlight, Grup Perkusi asal Surabaya Ramaikan The Grand Maha Karaoke. Empat personel Veemlight berpose setelah bermain dalam sesi The Grand Maha Karaoke.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

Kategori :