Kemendagri Perkuat Pemahaman dan Penerapan Core Values BerAKHLAK di Lingkungan Kerja ASN

Selasa 10-09-2024,06:18 WIB
Reporter : Muhammad Farrel Radia*
Editor : Heti Palestina Yunani

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Melalui program Kemendagri Merdeka Belajar menggelar Internalisasi Core Values BerAKHLAK dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan berlangsung di Ruang Auditorium BPSDM Kemendagri, Jakarta, Senin, 9 September 2024.

Forum digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri. Dihadiri seluruh pegawai Ditjen Bina Bangda dan BPSDM Kemendagri.

Diformat hybrid, kegiatan berlangsung secara tatap muka maupun virtual, termasuk para pejabat pimpinan tinggi dan fungsional. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan Core Values BerAKHLAK di lingkungan kerja ASN.

BACA JUGA: Buka Orientasi bagi Anggota DPRD Provinsi, Plt. Sekjen Kemendagri Ingatkan tentang Tugas Wewenang

BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adapun program Merdeka Belajar memberikan kebebasan kepada para pegawai untuk terus mengembangkan diri.

Melalui berbagai peluang belajar, sesuai kebutuhan pengembangan kompetensi masing-masing. Hadir sebagai pembicara utama Coach Rudi dari ESQ 165. Ia menyampaikan pentingnya growth mindset dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

"ASN Kemendagri harus memiliki growth mindset yang memungkinkan mereka untuk terus berkembang, beradaptasi, dan berinovasi. Dengan pola pikir ini, kita dapat menjadi insan yang optimal dalam setiap tugas dan tanggung jawab," ujarnya.

BACA JUGA: Plt. Sekjen Kemendagri Ingatkan Anggota DPRD Provinsi tentang Pentingnya Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Dalam suasana yang interaktif dan menyenangkan, para peserta diajak untuk menggali potensi diri dan memperkuat rasa kebersamaan. Kegiatan ini menjadi momen penting bagi seluruh pegawai untuk merajut kembali keakraban.
Hadir sebagai pembicara utama Coach Rudi dari ESQ 165. Ia menyampaikan pentingnya growth mindset dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman. --Puspen Kemendagri

Juda memperkuat semangat kerja sama, dan meningkatkan motivasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Acara ini juga merupakan bagian dari upaya Kemendagri untuk memastikan bahwa ASN tidak hanya kompeten dalam menjalankan tugas-tugas teknis.

Tetapi juga memiliki karakter dan nilai-nilai luhur yang tercermin dalam setiap tindakan. Dengan menerapkan Core Values BerAKHLAK, ASN Kemendagri diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era digital yang terus berkembang.

BACA JUGA: Selamat! Pemprov Jatim Raih Penghargaan Standar Pelayanan Minimal Awards 2024 Kemendagri

Melalui program Kemendagri Merdeka Belajar, para pegawai didorong untuk memanfaatkan berbagai kesempatan belajar dan pengembangan diri secara mandiri. Melalui kegiatan ini, ASN diharapkan dapat terus berinovasi dan berkembang.

Juga menjadi pilar dalam mewujudkan birokrasi yang modern dan responsif terhadap tantangan masa depan. ASN Kemendagri diharapkan dapat semakin memperkuat kompetensi dan pola pikir yang progresif dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. (Puspen Kemendagri)

Kategori :