Menyambut Perhelatan ARTSUBS 2024 di Surabaya; Usung Ways of Dreaming untuk Wujudkan Mimpi Surabaya

Jumat 30-08-2024,00:58 WIB
Reporter : Heti Palestina Yunani
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Bukan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan juga bukan di Bali. Sebuah pameran besar seni rupa kontemporer berskala nasional akan segera digelar di Surabaya. Sebulan penuh. Pada 26 Oktober-24 November 2024.

Dikuratori Asmujo Jono Arianto dan Nirwan Dewanto, event bertitel ARTSUBS 2024 itu mengambil tema Ways of Dreaming. “Bisa diartikan sebagai aneka jalan bermimpi atau banyak cara bermimpi,” terang Nirwan.

Terkait tema, Chief Director ARTSUBS 2024 Rambat menjelaskan bahwa ARTSUBS memang digadang-gadang akan mampu mewujudkan mimpi Surabaya akan sebuah pameran besar seni rupa yang selama ini ditunggu-tunggu.

BACA JUGA: Sajikan Pameran Seni Rupa yang Periodik, 5 Galeri Seni di Surabaya Ini Oke untuk Art Hangout

“Sementara sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, hingga sekarang Surabaya belum memiliki pameran sepert itu. Inilah saatnya,” katanya dalam acara ARTSUBS Surabaya Dreams Gathering di Resto Nine akhir Juli 2024 lalu.

Saat itu, publik Surabaya coba diyakinkan bahwa kota ini memiliki sumber daya yang besar untuk ikut menyuguhkan seni rupa kontemporer ke tengah masyarakat. Surabaya juga seharusnya demikian.

ARTSUBS adalah bagian dari upaya mendudukkan posisi itu. “Sebagai city of work, sudah saatnya Surabaya seperti kota-kota besar di dunia. Mempunyai pameran besar seni rupa yang dibanggakan,” kata Advisory Board ARTSUBS 2024 Aris Utama.

BACA JUGA: Envi.ro.mental, Pameran Duo Sekar-Peni di Sumenep (2): Proyek Edukasi Kenalkan Seni Rupa pada Santri

Dijelaskan Asmudjo yang juga art director, ARTSUBS 2024 akan menampilkan lebih dari 200 karya yang menyampaikan nilai, wacana, dan praktik seni rupa kontemporer Indonesia yang bertalian dengan beberapa ranah disiplin.

“Termasuk media baru, instalasi, seni interaktif, patung, lukisan, dan media lainnya. Karena itu, ARTSUBS juga berdiri pada satu titik yang mempertemukan para perupa, kurator, desainer grafis, arsitek, dan berbagai disiplin lainnya,” paparnya.

Di antara ratusan yang hadir malam itu, tampak Kadisbudporapar Kota Surabaya Hidayat Syah. Ia menyambut gembira bahwa Surabaya akan punya event besar yang setara dengan pameran-pameran sejenis di kota-kota lain.

BACA JUGA: Pameran Seni Rupa Masjid: Gerakan Membeli Lukisan untuk Disumbangkan ke Masjid

“Saya berterima kasih ada pihak yang ingin membuat Surabaya menjadi kota yang berperan penting dalam memacu pertumbuhan seni kontemporer Indonesia. Kami akan mendukung sepenuhnya,” katanya.

Ditegaskan Rambat bahwa dari Surabaya ARTSUBS 2024 diharapkan bisa menjawab kebutuhan akan kegiatan seni rupa yang besar, ajeg, dan memberikan asupan nilai kebudayaan dalam dunia yang luas.

“Dengan ARTSUBS, Surabaya akan segera mengambil perannya sebagai ruang besar yang mendukung tumbuhnya kreativitas, imajinasi, kesadaran, dan kemampuan berpikir kritis masyarakat,” tandas Rambat. (Heti Palestina Yunani)

Kategori :