3182 Peserta Antusias Ramaikan Nusantara TNI Fun Run 2024 di Ibu Kota Nusantara untuk Rayakan HUT ke-79 TNI

Minggu 06-10-2024,18:42 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Ribuan peserta mengikuti acara Nusantara TNI Fun Run 2024 yang berlangsung di Ibu Kota Nusantara, Minggu, 6 Oktober 2024. Pembukaan acara berlangsung sangat meriah karena dihadiri dan resmi dibuka Presiden Joko Widodo.

Digelar seebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmi membuka Nusantara TNI Fun Run 2024," ujar Jokowi dalam sambutan singkat.

Peserta run run sangat membeludak. Diikuti oleh 3.182 peserta yang berasal dari berbagai wilayah seperti Penajam Paser Utara, Balikpapan, Samarinda, dan beberapa daerah lain di Indonesia.

BACA JUGA: Panjang Runway Bandara IKN Ditambah, Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar

Para peserta berlari sejauh 5 kilometer. Mereka mengelilingi sejumlah landmark penting di Nusantara, seperti Jalan Grande, Kantor Kemenko, Plaza Seremoni, Rumah Sakit Kemenkes, dan Taman Kusuma Bangsa.

Plt Kepala Otorita IKN, M. Basuki Hadimuljono, menyampaikan bahwa acara seperti Nusantara TNI Fun Run merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ekosistem kesehatan dan kebugaran di ibu kota baru.

Sesuai dengan visi Nusantara sebagai kota yang nyaman dan dicintai. Merupakan bagian dari promosi sport tourism di Nusantara. Acara ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk menghidupkan kota baru.

BACA JUGA: BMKG Lepas Ocean Drifter untuk Perkuat Observasi Meteorologi Maritim di Kepulauan Seribu

Selain untuk merayakan HUT ke-79 TNI, acara lari ini juga menjadi momen dukungan masyarakat kepada TNI yang selama ini berperan penting dalam menjaga stabilitas dan kedaulatan bangsa.
Presiden Jokowi ditanya mengenai pemindahan ibu kota yang dikatakan akan diteken oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. --Sekretariat Presiden

Troy Pantouw, Juru Bicara Otorita IKN, menegaskan bahwa Nusantara TNI Fun Run bukan sekadar ajang olahraga, melainkan juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Ibu Kota Nusantara ke publik.

"Ini adalah momen untuk membangun hubungan erat antara masyarakat dan pemerintah," ungkap Troy. Acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik dari Nella Kharisma dan Black Forest Band.

BACA JUGA: Kemenag dan Otorita IKN Siapkan Pembangunan Madrasah Terpadu di Ibu Kota Nusantara

Selain itu, pengunjung bisa menikmati berbagai sajian lokal dari 30 booth UMKM yang menampilkan produk-produk dan makanan khas Nusantara. Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi turut mendukung acara ini.

Ia mengatakan, acara ini momen penting dalam mendorong gaya hidup sehat di masyarakat. "Kami bangga menjadi bagian dari event ini. Ini langkah awal mendukung pengembangan IKN yang semakin menunjukkan kemajuan," ujar Darmawan.

Jokowi menyampaikan pandangannya mengenai pemindahan ibu kota. Ia menegaskan bahwa memindahkan ibu kota tidak hanya soal pembangunan fisik, melainkan juga membangun ekosistem pendukung bagi masyarakat.
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai mengenai pandangannya tentang pemindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara di tengah acara fun run. --Sekretariat Presiden

Kategori :