Unesa Selenggarakan IKN Goes To Campus Untuk Gandeng Generasi Muda Kembangkan Ibu Kota Baru

Kamis 10-10-2024,13:42 WIB
Reporter : Roisatun Nadhiroh*
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan kegiatan "IKN Goes to Campus" pada rangkaian agenda Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI.

Kunjung kampus Otorita IKN sebagai upaya mensosialisasikan desain dan konsep pembangunan IKN kepada generasi muda khususnya mahasiswa dan akademisi perguruan tinggi.

Acara ini digelar di Graha Universitas Surabaya (UNESA) pada Rabu tanggal 9 Oktober 2024 dan dihadiri sebanyak 4 ribu orang.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin menyampaikan bahwa "IKN Goes to Campus" ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman civitas akademika dan mahasiswa Indonesia mengenai IKN serta mendorong partisipasi aktif akademisi dan mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN yang ramah lingkungan, berbasis teknologi, dan didukung oleh sumber daya manusia yang unggul.

Dalam sambutanya, Alimmudin mengatakan bahwa pembangunan IKN adalah bagian kita untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. "Kemudian, tentu bagian kita juga untuk menciptakan superhub ekonomi yang baru, yang tidak sekedar berpusat di Pulau Jawa tetapi juga di Indonesia secara keseluruhan," jelasnya. 

BACA JUGA:Temu Alumni Akbar FISIP Untag Surabaya: Merajut Kembali Kenangan Indah Masa Kampus

Alimuddin juga mengajak partisipasi perguruan tinggi dan para generasi muda untuk ikut serta dan berperan aktif dalam membangun Ibu Kota Nusantara. "Kami sangat mengharapkan partisipasi perguruan-perguruan tinggi. Kami juga membutuhkan banyak anak-anak muda, sekitar 60-70 persen pegawai di Otorita IKN juga adalah anak-anak muda. Mereka sudah menjadi bagian sejarah dalam pembangunan Nusantara," pungkasnya.

Bambang Sigit Widodo sebagai wakil rektor bidang III Unesa yang selaras dengan Alimuddin mengajak para akademisi untuk berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara.


Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin memberikan arahan pada mahasiswa UNESA dalam acara IKN Goes To Campus pada Rabu, 9 Oktober 2024-OIKN-

"Momen yang sangat tepat, di dalam momen ini hadir juga para akademisi dari perguruan tinggi  yang bisa nanti membawa informasi yang disampaikan oleh rekan-rekan dari Otorita IKN kepada semua pihak, semua komponen bangsa untuk bersama-sama nanti kita untuk mensukseskan bagaimana Ibu Kota baru kita, Ibu Kota Nusantara akan menjadi ibu kota yang benar-benar sesuai dengan harapan kita bersama," ungkapnya.

BACA JUGA:Unair Siap Fasilitasi Kampanye di Kampus, Asal ...

Di dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk memahami visi dan misi pembangunan IKN, mulai dari aspek pengembangan teknologi hijau dan digital, pengembangan sumber daya alam, perencanaan tata kota dan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, pembangunan sumber daya manusia, hingga peluang karir dan bisnis yang dapat dikembangkan di IKN.

Otorita IKN juga menghadirkan miniatur IKN dalam bentuk stand booth untuk memberikan gambaran nyata kepada para mahasiswa mengenai rencana pembangunan IKN.

Stand booth ini dirancang dengan menampilkan konsep tata kota, infrastruktur, dan teknologi hijau yang akan diterapkan di IKN. Para mahasiswa dapat melihat secara langsung visualisasi bagaimana IKN akan dibangun sebagai kota masa depan yang modern, berkelanjutan, dan mengedepankan harmoni antara manusia, alam dan teknologi.

BACA JUGA:Rumah RJ Didirikan di Kampus Unair

Kategori :