Spain vs Denmark 1-0: Tak Ada Rodri, Martin Zubimendi Jadi Pahlawan!

Minggu 13-10-2024,04:38 WIB
Reporter : Deovani Andi Suprayogi*
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Badai cedera yang menimpa timnas Spanyol rupanya tidak cukup kuat untuk menghentikan laju sang juara Eropa. Meski susah payah, Spanyol berhasil mengalahkan tamunya, Denmark di matchday ketiga UEFA Nations League.

Dalam laga di Stadion Nueva Condomina, Minggu dini hari, 13 Oktober 2024 itu, laga Spain vs Denmark berakhir dengan skor tipis 1-0. Mereka pun tetap berada nyaman puncak klasemen Grup A4 dengan 7 poin.

Satu-satunya gol Spanyol dicetak oleh Martin Zubimendi. Gelandang yang diplot mengisi posisi penting Rodri. Ia, dan juga bek Dani Carvajal, harus absen sampai akhir musim karena cedera ACL.

"Rodri tak bisa digantikan. Ia adalah pemain terbaik dunia di posisinya. Tapi Martin (Zubimendi) nomor dua lah," kata Luis de la Fuente, pelatih timnas Spanyol, sebagaimana dikutip Guardian.

BACA JUGA:Rodri Masuk Meja Operasi, Mimpi Buruk Man City dan Timnas Spanyol

BACA JUGA:Spanyol Tekuk Swiss 4-1, Joselu dan Fabian Ruiz Jadi Bintang

"Ia menampilkan kepercayaan diri dari berbagai sisi. Ia sama sekali enggak nervous jalan di atas tali tanpa jaring pengaman (maksudnya berani mengambil risiko, Red)," puji Luis De La Fuente.

Jalannya Pertandingan Spain vs Denmark


Spain vs Denmark 1-0: Tak ada Rodri, Martin Zubimendi jadi pahlawan! Foto: Lamine Yamal membangun serangan Spanyol.-Jose Jordan-AFP

Spanyol tampil dominan sejak awal pertandingan. Menguasai lebih dari 60% penguasaan bola, tim berjuluk La Furia Roja itu bermain sabar dengan bola dan perlahan mulai menekan pertahanan Denmark.

Namun, pada 10 menit pertama, baik Spanyol maupun Denmark masih terlihat berhati-hati dan belum ada serangan berbahaya yang tercipta.

Menit ke-22, Spanyol hampir membuka keunggulan melalui aksi Lamine Yamal yang melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Tetapi bola berhasil ditepis oleh kiper Denmark Kasper Schmeichel.

BACA JUGA:Jerman vs Denmark 2-0: Den Panzer Melaju, Tunggu Spanyol di Perempat Final

BACA JUGA:Denmark vs Inggris 1-1: Gol Roket Morten Hjulmand Tunda The Three Lions ke-16 Besar

Denmark yang dipimpin oleh Christian Eriksen dan Kasper Dolberg beberapa kali mencoba membangun serangan. Namun solidnya lini belakang Spanyol yang dikawal Aymeric Laporte dan Dani Vivian membuat usaha mereka terhenti.

Spanyol terus mencari celah, namun hingga akhir babak pertama, tidak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Luis de la Fuente memberikan instruksi kepada pemainnya untuk lebih agresif. Maka, Spanyol langsung meningkatkan intensitas serangan dan membuat Denmark semakin tertekan.

Kategori :