Federasi Sepak Bola Oman Bela Wasit Ahmed Al Kaf, Kutuk Aksi Perundungan Warganet

Selasa 15-10-2024,13:09 WIB
Reporter : Tri Septi Hari Nikita*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY – Federasi Sepak Bola Oman (Oman FA) buka suara mengenai perundungan massal yang diarahkan pada wasit Ahmed Al Kaf usai Kualifikasi Piala Dunia 2026 pekan lalu antara Indonesia melawan Bahrain. 

Mereka mengutuk keras serangan warganet yang membully, mengintimidasi serta mengancam wasit tersebut.

“Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk dengan keras serangan yang tidak beralasan dan penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi terhadap wasit internasional Oman Ahmed Al-Kaf dan asistennya setelah pertandingan antara tim nasional Bahrain dan mitranya dari Indonesia di kualifikasi Asia untuk Piala Dunia," ujarnya dalam pernyataan resmi yang diunggah di media sosial @omanfa

BACA JUGA:Respon FIFA Soal Kontroversi Wasit Bahrain vs Indonesia, Ahmed Al Kaf Dihukum?

“Kami menegaskan penolakan mutlak terhadap perilaku yang tidak sesuai dengan konteks tersebut oleh sejumlah penggemar dan beberapa pihak terkait serta memperingatkan konsekuensi dari perilaku yang tidak sesuai dengan konteks ini," bunyi pernyataan tersebut. 

"Kami menekankan komitmen staf Oman yang terhormat terhadap tingkat profesionalisme tertinggi mereka dan menerapkan tingkat transparansi, integritas, serta imparsialitas sesuai dengan standar internasional. Inilah yang membuat mereka memenuhi syarat untuk menjadi wasit elit Asia," imbuhnya.

Dalam pernyataan resminya yang diunggah di Instagram tersebut, Oman FA bahkan mendesak FIFA dan AFC untuk turun tangan.

“Asosiasi Sepak Bola Oman menyerukan kepada FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia untuk memikul tanggung jawab mereka sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku untuk melindungi para wasit dan memastikan keamanan dan keselamatan mereka," jelasnya.

BACA JUGA:Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf di Laga Bahrain vs Indonesia Akankah Berujung Sanksi FIFA?

“Kami mengonfirmasi bahwa kami terus bergerak maju dalam koordinasi dengan otoritas terkait untuk mencapai tujuan yang sama. Asosiasi Sepak Bola Oman sekali lagi berjanji untuk melanjutkan dukungannya terhadap tim wasit Oman yang dipimpin oleh wasit internasional Ahmed Al-Kaf, yakin akan kompetensi mereka, memuji level mereka, dan berharap untuk meraih kesuksesan dalam karier kontinental dan internasional mereka," tutup Oman FA.

Penyerangan tersebut adalah buntut dari keputusan kontroversial yang telah diambilnya saat memimpin laga Bahrain vs Indonesia pada Kamis, 10 Oktober 2024.


Kontroversi wasit Ahmed Al Kaf dalam laga Bahrain vs Timnas Indonesia.--Instagram @bolanusantara

Ahmed Al-Kaf dituding sengaja memperpanjang injury time dari yang seharusnya enam menit menjadi sembilan menit di pertandingan tersebut.

BACA JUGA:Panik! Akun Medsos Asosiasi Sepakbola Bahrain Dihujani Serangan Siber

Akibat penambahan waktu tersebut, kemenangan Timnas Indonesia yang sudah di depan mata menjadi sirna. Timnas Indonesia yang awalnya sudah unggul 2-1 mau tidak mau harus berbagi angka denga Bahrain.

Kategori :