Jokowi Pulang ke Solo Besok, Pemkot: Kami Siapkan Sambutan Sederhana

Sabtu 19-10-2024,21:57 WIB
Reporter : Neha Hasna Maknuna*
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2024.

Tentu, acara pelantikan itu sekaligus menandakan purnatugasnya sebagai presiden ke-7 RI. Selepas acara, Jokowi akan menuju Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Yakni untuk langsung terbang ke Solo bersama Ibu Iriana Joko Widodo.

Kepala Bagian Protokol, Komunikasi, dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah (Setda) Solo, Sulistyarini mengungkapkan bahwa kepulangan Jokowi ke Solo valid.

Kini, pihaknya tengah mempersiapkan sambutan untuk Jokowi. "Informasi sudah A1, bahwa Pak Jokowi akan menuju Solo pada 20 Oktober 2024 pada pukul 16.00 WIB sudah akan landing di Bandara Adi Soemarmo," ujarnya kepada wartawan seusai rapat koordinasi (rakor) penyambutan kepulangan Presiden Jokowi, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Penyambutan akan berlokasi di kediaman Jokowi di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Istana Siapkan Mobil dan Pengawalan Antarkan Jokowi Kembali ke Solo

BACA JUGA:Jokowi Ucapkan Terimakasih Kepada Para Menterinya di Hari Terakhir Kerja

Sulistyarini mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Solo tengah mempersiapkan acara penyambutan sederhana. Yakni dengan pemasangan spanduk, baliho, dan videotron. 

Masyarakat setempat akan ikut berpartisipasi dalam penyambutan Jokowi. Mulai dari siswa hingga aparatur sipil negara (ASN) ikut menyambut di Bandara Adi Soemarmo hingga di kediaman Jokowi.

Dia menambahkan, dalam prosesi penyambutan akan ada Tradisi khas Solo. "Sebenarnya konteks penyambutan sederhana, istilahnya kita sebagai orang Solo ingin menjaga tradisi. Di antaranya nanti ada prosesi pasrah-tinampi atau lepas-sambut," kata Sulis.


Doc. Jokowi dan Iriana mudik ke Solo, 20 April 2023-kompas.com-

Rencana penyambutan itu juga dibenarkan oleh beberapa pihak terkait. Ketika dimintai keterangan tentang surat edaran yang ditujukan kepada camat Banjarsari dan camat Laweyan serta beberapa lurah di kedua wilayah tersebut terkait persiapan acara, Sulistyarini mengiyakan hal tersebut.

"Kami siapkan acara penyambutan secara sederhana untuk kepulangan Jokowi dan Bu Iriana. Saat ini masih kami koordinasikan," ujar Penjabat Sementara Wali Kota Surakarta Dhoni Widianto di Solo, Kamis, dikutip dari Antara.

BACA JUGA:Wajah Jokowi di Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Menteri Prabowo Rasa Jokowi, Pengamat: Sayangnya yang Kontroversial Dipilih Lagi

Kategori :