IFI Gelar Kelas Membuat Boneka Prancis Marionette, Anak-anak Sambut Antusias

Selasa 22-10-2024,21:05 WIB
Reporter : Dave Yehosua
Editor : Guruh Dimas Nugraha

BACA JUGA:Jumpa Perajin Wayang Kertas Wondertex Mbah Brambang di Sukoharjo, Fery Farhati Bawa Pulang Puntadewa dan Kresna


IFI Gelar Kelas Membuat Boneka Prancis Marionette, Anak-anak Sambut Antusias. Seorang anak tampak belajar merangkai boneka marionette. Mengikat tiap bagian dengan selotip dalam kelas pembuatan boneka marionette yang digelar IFI Surabaya, 22 Oktober 2024.-Ariko Pinkan-HARIAN DISWAY

Ia menjelaskan bahwa marrionete merupakan boneka tangan khas Perancis. “Meski begitu, saya belajar tentang marionette dari Jerman. Ada banyak jenis marionette di sana. Di Indonesia, boneka serupa marionette disebut wayang,” jelasnya.

Menurutnya, marionette merupakan adalah sarana ekspresi seseorang untuk menceritakan sesuatu. Atau untuk mengungkapkan maksud tertentu. 

Sembari ia membantu anak-anak dalam membuat marionette, Yannick menjelaskan ada sebutan khusus untuk orang yang memainkannya. “Namanya marionetist. Kalau di Indonesia disebut dalang,” lanjutnya.

BACA JUGA:Kemeriahan Natal di SD Katolik Santa Clara Surabaya Ditandai denganPanen Raya P5 dan Inovasi Dekorasi Pewayangan

Setelah kepala dan leher marionette rampung, Yannick mengajarkan bagaimana memainkan boneka itu di lantai. Boneka tersebut dimainkan dengan kayu yang tersambung dengan benang-benang tipis. 

Kemudian mereka diajarkan menjalankan marionette. Yannick mencontohkan dengan teknik permainan sederhana yang membuat boneka itu melompat-lompat. Anak-anak menirukan.

Setelah puas memainkan bagian kepalanya, Yannick melanjutkan dengan mengajarkan mereka membuat kaki dan tangan marionette.

BACA JUGA:Tak Hanya Jawa, Tiongkok Punya Wayang Kulit sebagai Warisan Budaya


IFI Gelar Kelas Membuat Boneka Prancis Marionette, Anak-anak Sambut Antusias. Anak-anak menggerakkan boneka marionette dalam kelas pembuatan boneka marionette yang digelar IFI Surabaya, 22 Oktober 2024.-Ariko Pinkan-HARIAN DISWAY

Ketika tubuh marionette sudah lengkap, Yannick kembali menunjukkan cara memainkannya. Tahap awal untuk memainkan marionette adalah boneka diposisikan duduk. Kemudian tangan kanan boneka diposisikan memegang leher dan belakang kepala, tangan kiri memegang batang tubuh.

Bermain marionette seorang diri rasanya terlihat simpel. Namun, kenyataannya marionette tersebut dimainkan oleh dua orang. Sehingga gerakan-gerakannya jadi lebih kompleks.

“Saat memainkan marionette, dua marionetist masing-masing punya peranan. Satunya yang bertugas untuk menggerakan tubuh bagian atas. Satunya lagi menggerakan tubuh bagian bawah,” ujarnya. Dengan dua orang marionetist, gerakan marionette akan lebih realistis.

BACA JUGA:Wayang Orang Lakon Wahyu Cakraningrat oleh Sanggar Patrialoka: Mencari Pemimpin Ideal

Setelah selesai menjelaskan, Yannick meminta anak-anak memainkan marionette dengan pose terbang. Diiringi lagu anak-anak Prancis. Mereka pun semakin ceria.

Kategori :