Ini 5 Karya Inovasi Elektronik Siswa SMK St. Louis Surabaya, Kenalkan Teknologi Lewat Permainan

Minggu 19-01-2025,03:20 WIB
Reporter : Anisa Eka Febrianti*
Editor : Taufiqur Rahman

Pengunjung dapat dapat memilih desain yang disukai, lalu dicetak. Proses cetak ini memakan waktu yang bervariasi tergantung kompleksitas desain.

“Bisa sampe 1-4 jam. Kalau logo simpel (menunjuk logo sheraton,Red) gini 15-30 menit,” jelas Gunawan.

Hasil cetakan itu nantinya dibuat gantungan kunci dan bisa diwarnai oleh para pengunjung.

BACA JUGA:Four Points by Sheraton Tunjungan Plaza Sulap Lobi Jadi Tema Monokrom

BACA JUGA:Lotus Art Courses Festa Exhibition 2025, Tampilkan 44 Karya Seni Anak Berbakat

4. Mobil Sepak Bola

Kembali lagi ke jurusan TAV, mereka memutuskan untuk menciptakan sepasang mobil rakitan yang digunakan untuk bermain bola dengan saling mengoper bola kecil satu sama lain.

Ini merupakan salah satu dari sekian ciptaan dari tugas akhir jurusan TAV.

“Kalau yg soccer dikendalikan sama stick PS jadi kalau misalkan main itu dikendalikan PS, lainnya ada yang pakai bluetooth," kata guru jurisan TAV Andreas Ervan.

Ide dari penemuan ini adalah modifikasi dari berbagai referensi yang ditemukan di internet.

Mekanismenya pembuatan menggunakan Arduino Uno, yang terhubung dengan model dan wiring. Kemudian dilakukan pemrograman menggunakan bahasa C++ di laptop.

"Setelah itu, kode tersebut diunggah ke microcontroller. Jadi, prosesnya melibatkan pengkabelan, instalasi, pemrograman, dan akhirnya di-upload," jelas Ervan.

5. Mobil Mainan Obstacle Avoidance

Masih dari TAV, mobil ini bekerja dengan cara menghindari rintangan yang ada di depannya. Jika mobil itu melacak adanya halangan di depan maka ia akan berbalik arah.

Karya ini menggunakan sensor ultrasonik untuk mengukur jarak. Konsep tersebut direalisasikan ke dalam mainan agar lebih menarik dan menjadi media pembelajaran yang menyenangkan.

Mekanisme pembuatannya juga tak jauh beda dengan mobil soccer.

Kategori :