HARIAN DISWAY - Dalam memperingati Hari Kartini tahun ini, brand lokal asal Surabaya, Mom Uung, bersama platform eCommerce Lazada, mengangkat kembali pentingnya peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat melalui pemberdayaan ibu menyusui.
Inisiatif tersebut tidak hanya hadir dalam bentuk produk berkualitas. Tetapi juga lewat komunitas yang tumbuh dan memberikan dampak nyata bagi puluhan ribu perempuan di seluruh Indonesia.
Mom Uung lahir dari pengalaman pribadi pasangan Jonathan dan Uung saat menjalani masa menyusui yang penuh tantangan.
BACA JUGA:Ramadan Penuh Berkah! Lazada Hadirkan Promo dan Kejutan Spesial untuk Warga Surabaya
Tidak hanya soal kelelahan fisik, tetapi juga minimnya dukungan dan edukasi seputar proses menyusui menjadi pemantik berdirinya brand ini.
Berangkat dari sana, Mom Uung hadir sebagai #SahabatPejuangASI, menyediakan beragam produk mulai dari booster ASI, camilan sehat, hingga pompa ASI, disertai layanan konsultasi gratis 24 jam untuk para ibu.
Uung, inisiator lahirnya brand Mom Uung di Lazada.-Lazada-
“Pengalaman menyusui itu sangat personal dan menantang. Kami ingin hadir sebagai teman yang memahami, bukan sekadar penjual produk. Karena itu kami bangun komunitas, agar para ibu punya tempat berbagi dan mendapatkan dukungan nyata,” kata Jonathan Handoko Putra, pendiri Mom Uung.
BACA JUGA:Lazada Ramadan Sale 2025 Hadir! Diskon, Umroh Gratis, hingga Motor dengan Harga Spesial
Tak sekadar brand, Mom Uung membangun komunitas yang kini telah menjangkau lebih dari 200.000 ibu di berbagai penjuru negeri.
Komunitas itu menjadi wadah edukasi, saling dukung, dan pemberdayaan perempuan. Dari data internal, sebanyak 87% anggota komunitas berhasil beralih ke ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak mereka — sebuah pencapaian yang sangat penting dalam upaya mencegah stunting.
Langkah strategis Mom Uung untuk memperluas jangkauan dimulai sejak 2019 saat bergabung dengan Lazada Indonesia.
BACA JUGA:Belanja Keperluan Ramadan, Simak Tip Belanja Online Aman dan Nyaman di Lazada!
Melalui platform itu, Mom Uung mampu menjangkau lebih banyak ibu, termasuk mereka yang berada di luar jangkauan distribusi konvensional.
Kolaborasi tersebut juga memperkuat posisi Mom Uung sebagai pelaku UMKM yang mampu memaksimalkan teknologi untuk pertumbuhan bisnis dan dampak sosial.