Indonesia Marketing Association Ajak UMKM Berdaya, Salah Satunya Sukses dengan Usaha Hidroponik

Jumat 12-12-2025,14:39 WIB
Reporter : Amelia Puspa Ningrum
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Salah satu pemenang IMA UMKM & Tourism Award kategori umum, Embun 818, berasal dari Solo, Jawa tengah.

UMKM itu merupakan binaan IMA dengan produk sayuran hidroponik premium seperti, pakcoy, selada, romaine, dan lainnya. 

BACA JUGA: BRI Rilis Indeks Bisnis UMKM Q3-2025, Tunjukkan Ekspansi dan Optimisme Pelaku Usaha

BACA JUGA:BRI Gandeng SOGO, UMKM Masuk Ritel Modern lewat Grand Launching di Central Park

“Usaha saya bergerak tahun 2018. Dulu, namanya AA818 Hidroponik. Tapi setelah kami mengikuti pelatihan IMA, kami melakukan re-branding dengan nama Embun818,” jelas Anggi Bitho Lokmanto S. Tp, owner embun818. 


Anggi Bitho Lokmanto, S. Tp, menang IMA UMKM & Tourism Award Sektor Umum dan Pemilik Embun818-Humas Embun818 untuk Harian Disway-

Anggi menyebut branding serta penjualannya meningkat pesat. Jika dulu pemasaran hanya ia lakukan di pasar tradisional dan tidak menggunakan kemasan yang baik, sekarang hal itu telah diubah. 

Selain pasar, Anggi pun memasukkan sayuran hasil produksinya ke restoran dan hotel di area Solo. Lebih lanjut, kini ia menggunakan kemasan yang unik guna meenunjang kualitas produk Embun818. 

Alhamdulillah, awalnya kami masuk dalam daftar 500 peserta. Kemudian terjaring menjadi 50 peserta. Terjaring lagi jadi 20 peserta, 6 peserta, hingga jadi finalis dan saat ini saya mendapat juara pertama di sektor UMKM bidang umum,” tambah Anggi. 

BACA JUGA: Telkomsel–HIPMI Surabaya Gelar Workshop UMKM, Optimalisasi Promosi Digital Lewat MyAds

BACA JUGA: BNI Dorong UMKM Lokal Go Internasional Lewat Turnamen Bulu Tangkis di Yogyakarta

Dengan menjadi juara, Anggi menyebut dirinya akan lebih semangat soal bisnis dan branding. Bahwa UMKM di bidang pertanian tidak sesulit yang orang lain pikirkan. Buktinya, pertanian bisa mengantarkannya menuju sukses. (*)

*) Peserta magang dari Kemenaker RI.

Kategori :