Kalahkan Tumor, Operasi di Belanda, Lalu Kembali ke Surabaya

Kalahkan Tumor, Operasi di Belanda, Lalu Kembali ke Surabaya

MERPATI PUTIH hinggap di atas kepala Bud Wichers saat berada di pusat Kota Kiev.--

GORSSEL, HARIAN DISWAY - Kontributor Harian Disway yang sudah sebulan liputan di Ukraina harus membatalkan tiket pesawatnya untuk kali kedua. Sepulang dari liputan perang, dokternya di Belanda mendeteksi ada tumor tumbuh di lehernya. Budi pun batal terbang ke Surabaya kemarin, Selasa, 5 Juli 2022.

Yes, I am strong, brother!!! (Ya, aku kuat, saudaraku!!!, Red),” kata Budi, tadi malam, Selasa, 5 Juli 2022. Kami memberi tahu ada banyak dukungan dan doa datang dari teman-teman Budi di Surabaya. 

Termasuk Founder Harian Disway Dahlan Iskan. Semua kaget setelah Budi keluar dari rumah sakit. Kanker tiroid yang sudah diangkat tahun lalu tumbuh lagi. “Semoga berhasil. Saya tahu di sana (Belanda) penanganannya the best,” ujar Dahlan Iskan.

Budi sempat kaget dengan kabar itu. Namun ia tak terlalu mengkhawatirkannya. Yang membuatnya sedih adalah jadwal kembali ke Surabaya bersama kekasihnya, Ana Maria yang harus ditunda.


Bud Wichers mengantar Ana Maria van Valen pulang ke Surabaya dari bandara di Belanda.-Bud Wichers/Harian Disway-

Ana terbang dari Surabaya ke Belanda untuk menghadiri pertemuan anak adopsi yang ada di Belanda 2 Juli lalu. Tiket pulang bersama sudah dipesan. Sayangnya, Budi tak bisa mendampingi Ana kembali ke Surabaya kemarin.

Dukungan juga datang dari Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang turut memberikan donasi untuk Budi saat berada di Kharkiv. Armuji memberi uang bensin agar Budi bisa kembali ke Kiev. “Waduh, kok sakno, Budi. Tak dungakno teko Suroboyo (Kok kasihan, Budi. Saya doakan dari Surabaya, Red),” ujar Armuji saat ditemui di rumah dinasnya.

Seharusnya Budi dan Armuji bakal bertemu di Surabaya 8 Juli nanti. Budi diundang ke Podcast CakJi untuk menceritakan kisah hidupnya. Budi diadopsi secara ilegal ke Belanda pada era Orde Baru. Ada 3 ribu anak yang bernasib sama sepertinya.


PERALATAN LIPUTAN Bud Wichers saat liputan sebulan di Ukraina.-Bud Wichers/Harian Disway-

Armuji juga tertarik dengan pengalaman Budi selama 20 tahun liputan di medan perang. Sudah berkali-kali Budi nyaris tewas di timur tengah. Ia juga liputan perang di Amerika Latin, hingga yang terakhir di Ukraina. Sejauh ini Perang Ukraina adalah pertempuran terbesar yang diliput. 

Budi terharu dengan semua doa itu. Ia kangen dengan orang-orang di Surabaya. Ia berjanji bakal kembali ke Indonesia setelah operasi. 


CINTA TUMBUH tanpa mengenal lokasi. Budi memotret dua prajurit Ukraina yang sama-sama berperang melawan Rusia-Bud Wichers/Harian Disway-

Ia sudah rindu bebek goreng Surabaya. Sudah lebih dari sebulan ia kurang makan. Jangankan makanan, air minum di Ukraina pun sulit didapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: