Sejarah Konflik Tiongkok-Taiwan 1949-2022, Dari Perang Saudara Hingga Kunjungan Ketua DPR AS

Sejarah Konflik Tiongkok-Taiwan 1949-2022, Dari Perang Saudara Hingga Kunjungan Ketua DPR AS

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi saat berkunjung ke Taipei, Selasa, 2 Agustus 2022.-Kemenlu Taiwan-

1991: Taiwan secara sepihak mengakhiri perang dengan Tiongkok dengan mencabut aturan darurat perang. Pembicaraan pertama kali antara kedua belah pihak diadakan di Singapura dua tahun kemudian.

1995: Beijing menunda pembicaraan sebagai bentuk protes mereka atas kunjungan Presiden Taiwan Lee Teng-hui ke Amerika Serikat.

1996: Tiongkok lakukan uji coba rudal ke Taiwan untuk menakuti-nakuti pemilih dalam pemilihan presiden demokratis pertama di Taiwan.

2000: Pada Pemilu tahun 2000, KMT pertama kali kalah dan kehilangan kekuasaanya di Taiwan setelah sekian lama. Selama beberapa tahun kedepan hubungan perdagangan antara Tiongkok dan Taiwan mulai membaik kembali.

 

2005-2015: Ancaman dan Pembicaraan

Maret 2005, Beijing yang benar-benar tak ingin kehilangan Taiwan dari genggamannya dengan mengadopsi undang-undang yang bisa mengilegalkan pemisahan diri Taiwan. Bahkan Tiongkok secara serius menggunakan tindakan militer bila terjadi pelanggaran.

April 2005: pertama kali diadakan pertemuan antara para pemimpin KMT dan Partai Komunis Tiongkok sejak 1949.

2008: Taiwan dan Tiongkok kembali melanjutkan pembicaraan tingkat tinggi setelah Ma Ying-jeou dari KMT terpilih sebagai presiden Taiwan. Ini karena Ma Ying-jeou memiliki ikatan yang sangat baik dengan Beijing.

2010: Taiwan dan Tiongkok sepakat menandatangani Perjanjian Kerangka Kerja Sama Ekonomi. Setelah itu mereka mengadakan pembicaraan antar pemerintah pertama kali sejak pemisahan pada tahun 2014.

2015: Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou bertemu di Singapura dalam agenda pembicaraan. Di sana mereka berjabat tangan dan melambai dengan antusias di hadapan banyak pers. Meski keduanya tak menerbitkan pernyataan bersama.

 


Tsai Ing-wen saat berkampanye pada Pemilu 2016.-Getty-

Akhir Hubungan Baik (2016-2019)

Januari 2016: Taiwan mengadakan Pemilu dan dimenangkan oleh kandidat oposisi Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokratik yang secara tradisional mendukung kemerdekaan Taiwan. Pada pelantikannya bulan Mei, Tiongkok memperingatkan bahwa perdamaian akan mustahil terjadi bila Tsai Ing-wen membuat langkah untuk memerdekakan Taiwan secara resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: