Cheng Yu Pilihan Julius Y. Halim: Shu Zhong Zi You Huang Jin Wu, Shu Zhong Zi You Yan Ru Yu

 Cheng Yu Pilihan  Julius Y. Halim: Shu Zhong Zi You Huang Jin Wu, Shu Zhong Zi You Yan Ru Yu

Cheng yu Julius Y. Halim--

JULIUS Y. Halim tak akan pernah lupa pada wejangan alm. Pandji Wisaksana, pendiri Yayasan Beasiswa Trisakti (YBT), yang selalu menegaskan, "Salah satu yang dapat mengubah nasib suatu keluarga yang sederhana adalah dengan pendidikan anaknya." Persis kutipan syair yang ditulis Zhao Heng 赵恒, kaisar ketiga dinasti Song, "书中自有黄金屋, 书中自有颜如玉" (shū zhōng zì yǒu huáng jīn wū, shū zhōng zì yǒu yán rú yù). Yang terjemahan bebasnya: dengan pendidikan, kau akan mendapatkan apapun yang kau impikan.

Karena itu, kata Julius yang kini menjabat ketua YBT, "YBT selalu berusaha keras memberikan peluang mengenyam pendidikan tinggi yang sama bagi anak bangsa yang berprestasi tetapi terkendala ekonomi."

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Presdir PT Ekamant Indonesia Jodi Hendrikus Susanto: Bao De Yang He

Terhitung, untuk tahun 2021-2022 saja, YBT telah memberikan 63 beasiswa penuh (full scholarship) kepada mahasiswa yang berkuliah di Universitas Trisakti. Jika dinominalkan, nilainya lebih dari Rp 4 miliar.

YBT didirikan oleh alm. Pandji Wisaksana, filantropis yang dikenal sebagai "Raja Plastik" dan "Bapak Paralon" Indonesia, pada pengujung tahun 2000. Tujuannya mulia: untuk turut andil dalam membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul dengan mencetak SDM-SDM yang berkarakter, berintegritas, berbudaya, dan memiliki jiwa dedikasi yang tinggi untuk kembali membangun daerah asalnya.

Karena talenta yang hendak dicetak begitu berkualitas, tak heran bila untuk mendapatkan beasiswa YBT tidak mudah. Saban tahun, pendaftarnya selalu membeludak, meski serangkaian seleksi ketat harus diikuti. Mulai dari tes tulis (yang menguji kemampuan matematika, bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan potensi akademik), wawancara, hingga tes kesehatan. Setelah lolos pun, tiap semester masih akan dievaluasi: kalau nilainya tidak memenuhi ketentuan, atau tidak berkelakuan baik, tak ada tawar-menawar, beasiswa akan otomatis dicabut. 

Intinya, "Misi pemberian beasiswa ini adalah mendidik generasi muda sebanyak mungkin untuk mencapai cita-cita dan meningkatkan taraf hidup masyarakat demi kemajuan Indonesia ke depannya," kata Julius, ketika secara simbolis menyerahkan beasiswa YBT kepada mahasiswa/i beruntung, Januari lalu. Founder Harian Disway Dahlan Iskan hadir dalam acara bertajuk "Bakti Trisakti Membangun Negeri" tersebut. (*)

 

Sumber: