Oerip Indonesia Memboemi di Eropa, Dian Oerip Gelar Fashion Show dalam Tarian Nusantara

Oerip Indonesia Memboemi di Eropa, Dian Oerip Gelar Fashion Show dalam Tarian Nusantara

Dian Oerip (tengah) desainer Oerip Indonesia yang berkeliling ke Eropa untuk mengenalkan wastra Nusantara bersama para model dan penari yang terlibat dengannya. --

Karya signature Oerip Indonesia turut ditampilkan yakni Peta Wastra Nusantara. Dalam bagian dada atau punggung busana terdapat gambar peta Indonesia yang disusun dari perca wastra, baik tenun maupun batik. 

Tiap wilayah memiliki keistimewaan perca wastra masing-masing. Seperti peta Jawa Timur yang dibuat dari perca tenun Gedong Tuban, peta wilayah Sumatera Utara terbuat dari perca ulos, dan seterusnya, dari Sabang hingga Merauke. 

Tema-tema cinta tanah air memang sangat kental diusung Dian ke dalam produknya. Karena itu setelag konsisten selama 13 tahun pada busana kreasi, penggabungan motif tenun dari kain-kain Nusantara atau yang disebutnya sebagai wastra Nusantara itu membuat karyanya dikenal luas. Berkat kekhasan busana dan otentitasnya.

Berpusat di Ngawi, kain tenun berbagai daerah di Indonesia -yang tiap motif bahkan warnanya mengandung makna- karya Dian itu bahkan terbukti terus bisa go international. Setelah fashion show di Wina itu, ada sejumlah agenda keliling Eropa lagi pada pertengahan September. Juga akan berpromosi di Bangkok, Thailand.

Di Eropa, Dian sudah mempunyai cabang Inggris dan Belanda. Sedangkan di Amerika Serikat, ada di Florida. ”Di UK, baru dirintis cabang sejak tiga bulan belakangan. Masih berusaha melihat pasar,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: