Pasuruan artikel

MTQ Tingkat Kota Pasuruan Jadi Ajang Seleksi Bakat Putra-Putri Daerah

MTQ Tingkat Kota Pasuruan Jadi Ajang Seleksi Bakat Putra-Putri Daerah

PENUTUPAN MTQ tingkat Kota Pasuruan oleh Gus Ipul.-istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Pasuruan ditutup. 

Penutupan MTQ tingkat Kota Pasuruan itu dipimpin Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf di gedung Gradika Kota Pasuruan, Kamis, 24 November 2022. 

Diadakan pada 21 sampai 23 November 2022 yang bertempat di lima lokasi. Yakni, gedung pertemuan Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan, aula SMAN 2 Kota Pasuruan, aula PCNU Kota Pasuruan, aula Kementerian Agama Kota Pasuruan, dan Gedung Wolu. MTQ diikuti 222 peserta untuk perorangan dan 24 grup. 

”Saya gembira mendapatkan laporan, bahwa peserta MTQ kali ini memiliki kualitas jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Ini adalah gambaran potensi Kota Pasuruan sebagai kota santri,” ujar Gus Ipul.

Kesuksesan MTQ tingkat Kota Pasuruan itu terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar. Hal tersebut menjadi apresiasi Gus Ipul untuk penyelenggaraan acara tersebut. 

”Untuk itu, saya ingin berterima kasih kepada stakeholder dan segenap pemangku kepentingan yang sudah membantu kesuksesan MTQ tingkat kota ini,” tambah Gus Ipul dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan bahwa kesuksesan yang diraih Kota Pasuruan merupakan usaha bersama, salah satu bentuk dari hasil kerja sama antar pemangku kepentingan tersebut. 

Salah seorang putri daerah Kota Pasuruan meraih juara I terbaik nasional kategori anak, yakni Lailatul Amelia. Itu merupakan bukti bahwa Kota Pasuruan punya banyak putra daerah yang berpotensi menjadi qari hebat. 

”Maka itu, saya ingin ini menjadi inspirasi untuk kita semua, dan memacu kita semua untuk beprestasi. Jika tak dapat juara 1, maka juara 2 dan seterusnya. Jika tidak dapat juara, minimal sudah mau mengikuti ajang MTQ,” terang Gus Ipul. 

Selanjutnya, Kota Pasuruan fokus mempersiapkan gelaran MTQ Jawa Timur XXX yang akan diselenggarakan di Kota Pasuruan. Kegiatan bergengsi tersebut akan diikuti ribuan delegasi atau kafilah dari berbagai kota di Jawa Timur. (*)

 

Sumber: