Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Koprabuh Yohanis Cia Nes Waleah: Qian Ren Zhong Shu, Hou Ren Cheng Liang

Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Koprabuh Yohanis Cia Nes Waleah: Qian Ren Zhong Shu, Hou Ren Cheng Liang

Cheng Yu Yohanis Cia Nes Waleah--

YOHANIS Cia Nes Waleah terus menanam pohon-pohon. Di mana-mana. "Sudah beratus juta pohon yang ditanam di seluruh Indonesia," kata ketua umum Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) itu.

Koprabuh sendiri adalah koperasi yang bergerak di bidang kehutanan dan energi. "Tujuan didirikannya ialah untuk membuat hutan menjadi energi," terang pria yang memiliki nama Mandarin Xie Jianzhi 谢建志 tersebut.

Adapun caranya, "Clean the air, tanam the trees, create mata air," ujar Yohanis. Maksudnya, tanamlah pepohonan untuk membersihkan udara, sehingga darinya tercipta sumber kehidupan yang lebih sehat ke depannya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Devin France Prayugo: Qian Fang Bai Ji

Persis yang dipetuahkan wejangan Tiongkok klasik, "前人种树, 后人乘凉" (qián rén zhòng shù, hòu rén chéng liáng): orang-orang terdahulu menanam pohon, orang-orang mendatang menumpang teduh.

Selain sebagai sumber kehidupan, pohon juga merupakan sumber penghidupan. Sayangnya, yang acap kita lihat saat ini, banyak sekali hutan yang ditebang demi yang disebut belakangan. 

Hutan yang telah gundul, akibatnya, mengancam kehidupan manusia –bukan hanya disebabkan oleh berkurangnya pasokan oksigen, tetapi pula oleh bencana alam yang lebih mudah terjadi karenanya.

Sepertinya, ada baiknya kita merenungkan apa yang dinyatakan Xi Jinping, "绿水青山就是金山银山" (lǜ shuǐ qīng shān jiù shì jīn shān yín shān): lingkungan yang hijau, sama berharganya dengan emas yang berkilau. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: