Kota Pasuruan Kenalkan Batik Baru di North Java Kreasi Fashion Batik Harmonie

Kota Pasuruan Kenalkan Batik Baru di North Java Kreasi Fashion Batik Harmonie

PESERTA lomba kreasi batik melenggang di atas catwalk.-istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba North Java Kreasi Fashion Batik Harmonie 2022 yang bertempat di gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Pasuruan, Senin, 8 November 2022. Acara tersebut berlangsung meriah. Keigatan diikuti banyak peserta yang menampilkan kreasi batiknya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Lucky Danardono mengungkapkan, lomba tersebut digelar untuk memicu dan menumbuhkan minat serta mengembangkan bakat masyarakat dalam berkesenian. Khususnya seni batik. Sekaligus, memfasilitasi para pelaku seni batik, desainer, dan model untuk menampilkan kemampuan kepada masyarakat Kota Pasuruan.

”Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan motif batik Kota Pasuruan yang terbaru,” ungkap Lucky.

Lomba Fashion North Java Kreasi Fashion Batik diikuti puluhan peserta. Lucky menjelaskan, lomba itu diikuti 60 peserta desain dan telah dipilih 6 desain terbaik untuk 3 kategori yang dilombakan. Ada 18 model atau peraga dari 18 karya desain batik yang lolos seleksi.

”Selain penampilan lomba fashion dengan beberapa model yang memperagakan di atas catwalk, juga akan ditampilkan tari-tarian dari sanggar Gandhes Luwes. Juga, ada Family First Band serta tampilan penyanyi Isabelle Loraine Pramesti,” ujarnya.

Penilaian dalam lomba itu diawali seleksi desain terlebih dahulu dan untuk hari ini ada tiga penilaian yang diberikan dewan juri dengan bobot penilaian 50 persen penggunaan batik harmonie, 30 persen penampilan di catwalk, dan terakhir 20 persen kesesuaian desain dan look.

”Sebelum kegiatan hari ini, para juri sudah melakukan penilaian awal dari sisi desainnya dan untuk hari ini terfokus pada tiga penilaian dengan bobot sesuai persentase yang telah ditentukan dewan juri,” pungkas Lucky. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: