Khofifah Gandeng Koarmada II Kirim Logistik ke Masalembu Pakai Kapal Perang

Khofifah Gandeng Koarmada II Kirim Logistik ke Masalembu Pakai Kapal Perang

Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat memeriksa barang-barang yang siap dibawa menggunakan kapal KRI dr Soeharso --

SUMENEP, HARIAN DISWAY - Ombak di sekitaran pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep masih tinggi. Satu meter lebih. Belum ada kapal logistik yang berani merapat ke pulau tersebut. Akhirnya, masyarakat di pulau tersebut sempat mengalami krisis pangan.

 

Pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim mencari cara agar bisa mengirim logistik ke pulau itu. Ternyata, hanya bisa menggunakan kapal perang. Itu juga, tidak bisa berhenti di dermaga. Hanya bisa lego jangkar di sebelah barat pulau.

 

Itu dilakukan agar tidak terhantam oleh tingginya ombak. Nantinya, kapal kecil milik masyarakat yang mengangkut bahan pangan itu ke daratan. Beberapa hari lalu, KRI Malahayati-362 yang bertugas di Koarmada II membawa logistik ke daerah tersebut.

 

Kemarin, 4 Maret 2023, pemprov Jatim kembali mengirim logistik ke daerah tersebut. Termasuk tabung gas LPG 3 kilogram. Semuanya dibawa menggunakan KRI dr Soeharso-990. Itu merupakan kapal rumah sakit tipe C milik satuan TNI AL.

 

BACA JUGA:Koarmada II Sambut KRI REM-331 Usai Berlayar ke Pakistan

BACA JUGA:Smart Cluster Pelican Hill Citraland Surabaya, 2 Jam Laku 114 Unit

 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pengiriman logistik ke kepulauan Masalembu kali ini, melengkapi logistik yang sebelumnya sudah dikirim. Sebab, kali ini, kapal yang digunakan lebih besar. 

 

“Yang paling dibutuhkan masyarakat di sana adalah beras dan juga LPG. Jadi karena yang kemarin kan kapalnya tidak sebesar ini, LPG dan beberapa sembako tidak bisa terangkut. Sekarang ini sudah terangkut semua oleh KRI dr Soeharso,” katanya.

 

Logistik yang dikirim adalah 16 ton beras, 300 tabung gas elpiji berukuran 3 kg, 41 kardus minyak goreng, 20 kardus gula, 21 kardus biskuit, 10 kaleng roti kaleng, 10 kardus susu kental manis, 12 kardus sarden, 30 kardus ikan kaleng, dan 5 kardus susu coklat bubuk. 

 

Kodam V Brawijaya dan juga Koarmada II juga memberikan logistik tambahan. Berupa: beras 11 ton, minyak 41 kardus, gula 20 kardus, biskuit UGM 21 kardus, roti kaleng 10 kaleng, susu kental 10 kardus, sarden 12 kardus, ikan kaleng 30 kardus dan susu coklat bubuk 5 kardus. 

 

BACA JUGA:Ada Apa Saja di Wedding Fair Vasa Hotel Surabaya?

BACA JUGA:Sherly Lembono; Content Creator yang Hobi Memasak dan Olahraga

 

Bantuan logistik yang sebelumnya dikirim menggunakan KRI Malahayati-362 telah didistribusikan kepada masyarakat di pulau Masalembu. Dia berharap, semua bantuan tersebut, dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

 

Sementara itu, Panglima Koarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah menambahkan, KRI dr Soeharso-990 berangkat pukul 16.00. Nantinya, kapal itu akan sampai di pulau Masalembu sekitar pukul 05.00 dini hari.

 

Jenderal bintang dua itu menegaskan, Koarmada II dan TNI Angkatan Laut akan selalu siap membantu pemerintah daerah dan masyarakat Jawa Timur. Mereka pun berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di provinsi itu.

 

"Ini adalah trip kedua untuk pengiriman bantuan bagi saudara-saudara kita di Masalembu. Saat ini ombak cuaca tidak mendukung kapal kapal yang biasanya dipakai oleh mereka masyarakat Masalembu,” ungkapnya.

 

“Jadi sekarang masyarakat di sana sangat memerlukan bantuan sembako. Alhamdulillah ibu gubernur yang baik ini mengajak untuk bersama sama membantu,” tambahnya. Ia menyebut, kedepannya, tidak menutup kemungkinan ada pengiriman logistik tahap ketiga. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: