Garry Rossington, Penulis Lagu Sweet Home Alabama Tutup Usia

Garry Rossington, Penulis Lagu Sweet Home Alabama Tutup Usia

Foto anggota Lynyrd Skynyrd dan Gary Rossington (kanan)-twitter-@crockpics

JACKSONVILLE, HARIAN DISWAY - Gitaris grup musik Lynyrd Skynyrd, Garry Rossington meninggal dunia di usia 71 tahun, 6 Maret 2023. Kabar duka dibagikan secara resmi melalui laman Facebook Lynyrd Skynyrd.

 

“Dengan penuh simpati dan duka kami mengabarkan bahwa saudara, teman, keluarga, penulis lagu, gitaris dan anggota Lynyrd Skynyrd, Garry Rossington, telah meninggalkan kita hari ini. Garry sekarang tenang di surga,” manajemen menuliskan dalam unggahan itu.

 

Selain itu, mereka juga mengimbau pada penggemar untuk menghargai privasi keluarga di saat berduka. “Mohon jaga Dale, Mary, Annie, dan seluruh keluarga Rossington dalam doa kalian dan hormati privasi mereka,” akhir unggahan itu.

 

BACA JUGA:Teenage Mutant Ninja Turtle akan Hadir di Layar Lebar

 

Ia adalah anggota terakhir dari grup musik itu. Sebelumnya grup musik itu terpaksa bubar karena tragedi pesawat jatuh. Garry Rossington sudah beberapa kali selamat dari kejadian maut.

 

Tragedi pertama terjadi pada 1976. Ia berhasil selamat dari kecelakaan lalu lintas. Gitaris itu mengendarai mobil Ford Torino-nya dalam keadaan mabuk dan di bawah pengaruh obat-obatan.


Tragedi itu juga yang menjadi inspirasi lagu That Smell. Lagu itu menggambarkan kondisi betapa bahayanya berkendara dalam keadaan mabuk. Seolah bisa mencium aroma kematian.

 


Penampilan Ronnie Van Zant (kanan) dan gitaris Steve Gaines (kiri) di New Jersey 20 Juli 1997-google-euronews

 

Tragedi kedua terjadi pada 1977. Saat itu Lynyrd Skynyrd baru saja merilis album ke-5 Street Survivors. Oleh karena itu juga, mereka terbang dari Karolina Selatan menuju Louisiana, 20 Oktober.

 

Di tengah perjalanan terjadi kesalahan teknis pada pesawat. Itu mengakibatkan pesawat jatuh dan menewaskan vokalis Van Zant, gitaris Steve Gaines dan Cassie adiknya, manajer Dean Kilpatrick, para pilot Walter McCreary, dan William John Gray.

 

Atas keajaiban Garry dan Collins, basis, selamat dan ditemukan tak sadarkan diri di bawah reruntuhan pintu pesawat. Tragedi itu membuatnya sangat bersedih dan mengalami trauma berat. “Kejadian itu sangat menyeramkan dan menghancurkanku, aku tidak suka membicarakannya,” terang gitaris itu di Rolling Stones 2006.

 

10 tahun setelah tragedi, Rossington mencoba untuk kembali dengan nama baru The Rossington Collins Band. Ia menggandeng adik dari vokalis sebelumnya yang bernama Johnny sebagai vokal utama.

 

Collins meninggal pada 1990 dan meninggalkan Garry Rossington sebagai satu-satunya anggota asli dari pencipta lagu Sweet Home Alabama. Berita kematian gitaris itu menjadi perjalanan akhir grup musik legendaris. Terima kasih Garry Rossington, semoga tenang di sana. (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: