Brawijaya Awards, Babinsa Kodim 0824 Jember Renovasi Rumah hingga Orbitkan Atlet Renang

Brawijaya Awards, Babinsa Kodim 0824 Jember Renovasi Rumah hingga Orbitkan Atlet Renang

Penjurian Brawijaya Awards Babinsa terbaik asal Jember, 2 Mei 2023..-Tira/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0824/Jember memaparkan programnya kepada juri Brawijaya Awards 2023, Rabu, 3 Mei 2023. 

Dimulai dari kisah Pelda Iwan Abdillah. Babinsa Koramil 0824/01 Patrang itu menceritakan banyaknya rumah yang dinilai tidak layak huni di wilayahnya. Bahkan, ada yang nyaris roboh. Pemerintah daerah memang memiliki program renovasi rumah. "Tapi, tak mungkin menyentuh semuanya," jelasnya kepada tim juri dari Harian Disway.

Salah satu kendalanya adalah administrasi. Hanya rumah yang memiliki legalitas lengkap yang mendapat bantuan. Sehingga, perlu waktu agar dana renovasi bisa terkucur dari pemda.

Pelda Iwan membuat program Serbu Sarang Sabu (Seribu Satu Orang Satu Bulan). Ia mengajak masyarakat dan pelajar untuk mendonasikan uang mereka Rp 1.000 setiap bulannya. Dari nominal kecil itu, uang akhirnya terkumpul.

Selain rumah, mereka juga merenovasi tempat ibadah, memberikan santunan kepada anak yatim, janda serta kaum duafa. "Program ini sudah berjalan tiga tahun empat bulan. Dibentuk 19 Desember 2019," terangnya.

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Kodim 0823/Situbondo Rangkul Masyarakat dari Berbagai Sisi

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Bukti Kepedulian Babinsa Pasuruan pada Problem-Problem Sosial

Sepanjang program itu dilaksanakan, sudah ada lima rumah dan satu musala yang direnovasi. Donasi juda dipakai untuk  40 anak yatim, janda dan kaum duafa setiap tahunnya. "Program ini juga untuk menumbuhkan sikap kepedulian remaja," ungkapnya.

Program yang tak kalah menarik juga disampaikan oleh Serka Edy Suyono babinsa Koramil 0824/18 Kencong. Di tempatnya bertugas, ia melihat sangat banyak anak-anak yang pintar berenang. Sayangnya, tidak ada orang yang melihat potensi mereka.


Babinsa terbaik dari Kodim 0824 Jember saat penjurian Brawijaya Awards 2023.-Michael Fredy Jacob/Harian Disway-

Ia membuka jalan mereka untuk bisa bergabung di klub renang profesional. Bahkan, ia juga membimbing generasi muda di sana untuk bisa menyelam. Bakat yang selama ini terpendam pun akhirnya keluar. Banyak dari anak-anak yang dibimbingnya kini sudah menjadi atlet yang mengikuti berbagai kejuaraan.

"Saat ini, sudah ada 40 anak yang ikut berlatih. Anak-anak yang sudah mengikuti kejuaraan sebanyak 32 anak. Saya awalnya sosilaisasikan melalui sekolah di tingkat SD dan SMP," ungkapnya.

Serda Dawud mewakili Koramil 0824/06 Ledokombo. Ia mengembangkan formula pupuk cair semi organik untuk meningkatkan hasil panen. Serta mengembalikan unsur hara tanah akibat residu bahan kimia. 

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Bojonegoro Kampanyekan Bank Sampah hingga Program Berbagi Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: