Terbukti! Pemerintah Magetan, Tuban, dan Surabaya Bisa Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg Aman selama Lebaran

Terbukti! Pemerintah Magetan, Tuban, dan Surabaya Bisa Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg Aman selama Lebaran

Untuk memastikan elpiji tersebut aman sampai ke tangan masyarakat, diimbau agar membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan resmi agar mendapatkan harga yang lebih murah atau sesuai dengan HET. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Ketersediaan liquefied petroleum gas (LPG) atau yang biasa disebut elpiji khususnya tabung subsidi 3 kilogram selama Lebaran ternyata mampu dipenuhi.

Beberapa pemerintah kota/kabupaten di Jawa Timur telah memastikannya. Seperti Pj Bupati Magetan Hergunadi yang menyatakan ketersediaan elpiji bersubsidi masih aman untuk seluruh masyarakat.

"Kami dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) selalu melakukan pengecekan dan melakukan sidak untuk memastikan ketersediaan,’’ terang Hergunadi, Senin, 25 Maret 2024).

BACA JUGA: Jangan Panik! Pj Gubernur Jatim Jamin Stok BBM dan Elpiji Aman Selama Ramadan Hingga Lebaran

Dia mengharap elpiji bisa tetap tersedia dan mudah didapat oleh masyarakat sampai Idulfitri 2024. Apalagi saat bulan Ramadan yang memang diperkirakan konsumsi elpiji lebih tinggi ketimbang hari biasanya. 

Untuk memastikan elpiji tersebut aman sampai ke tangan masyarakat, Hergunadi mengimbau masyarakat agar membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan resmi agar mendapatkan harga yang lebih murah atau sesuai dengan HET. 

Diketahui, kebutuhan elpiji masyarakat Magetan per hari yang terdistribusi mencapai 40 ribu tabung lebih. Khusus untuk elpiji 3 kg hanya masyarakat kecil dan UMKM yang diperbolehkan menggunakan.

BACA JUGA: Warga Surabaya Jangan Khawatir! Stok Elpiji 3 Kg Dipastikan Cak Ji Aman hingga Lebaran

Salah satunya, Pariyanti, pengusaha warung di kawasan Pasar Burung selatan Stadion Yosonegoro Magetan. Menurutnya, belakangan elpiji 3 kilogram mudah didapat.

Meski ada banyak warung kelontong yang menjual, dirinya memilih membeli di pangkalan dengan harga yang terjangkau. ”Saya beli di pangkalan karena lebih murah. Selain untuk kegiatan rumah tangga, saya juga pakai elpiji ini untuk warung makan kecil-kecilan,’’ terangnya.

Hal yang sama dialami Rini Setyowati (50), warga Desa Desa Jongrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Dia mengaku tak kesulitan mendapatkan elpiji 3 kg karena pangkalan dekat rumahnya memiliki stok yang cukup.

BACA JUGA: Subsidi Elpiji

Pekan ini dia memesan 1 tabung lebih banyak dari biasanya karena dia harus memasak lebih banyak. Sebab banyak saudara dari kota yang pulang. Biasanya dalam dua pekan Rini menghabiskan 3 tabung elpiji subsidi.

Namun, menjelang Lebaran ini sudah ada 4 tabung elpiji yang dia gunakan untuk memasak dan membuat kue Lebaran. "Untung mendapatkannya mudah. Saya tinggal kirim pesan dengan WhatsApp langsung diantar," papar Rini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: