Jadi Tren, Inilah 5 Karya Film Wes Anderson Yang Perlu Kamu Tonton

Jadi Tren, Inilah 5 Karya Film Wes Anderson Yang Perlu Kamu Tonton

Wes Anderson--studiobinder.com

HARIAN DISWAY – Belakangan, di media sosial berkembang tren seru. Yakni membuat video dengan elemen estetika ala Wes Anderson. Karya sutradara asal AS itu memang unik, dan memiliki ciri khas yang melekat. Misalnya, visualnya didominasi warna-warna pastel, simetris, diambil dari sudut eye level, dan minim emosi. Kesannya sureal. Nah, video dengan gaya Wes Anderson pun bertebaran di YouTube Shorts maupun feed Instagram.

Wes Anderson (terlahir dengan nama Wesley Wales Anderson), adalah salah seorang sineas jenius. Karya-karyanya dikenal eksentrik, dengan gaya narasi yang unik dan menawan. Sutradara 54 tahun itu kerap mengangkat tema-tema keluarga disfungsional, duka dan kesedihan, serta kepolosan yang hilang. Hingga kini, sudah 10 karyanya yang dilepas ke publik. Untuk semakin memahami Wes Anderson, ada baiknya kita menonton lagi lima karyanya yang paling berkesan. Siapa tahu jadi makin jago bikin reels ala Wes Anderson.

The Royal Tenenbaums (2001)
Dapat disaksikan di Disney+



Mengisahkan tentang keluarga nyentrik pasangan Royal dan Etheline Tenenbaums (diperankan oleh Gene Hackman dan Anjelica Huston). Mereka memiliki tiga anak: Richie (Ben Stiller), Margo (Gwyneth Paltrow) dan Chas (Luke Wilson). Meski hidupnya serba berkecukupan, mereka tidak bahagia. Konflik mulai bermunculan ketika Royal dan Etheline memutuskan untuk berpisah.

The Darjeeling Limited (2007)
Dapat disaksikan di Disney+



Bagaimana jadinya ketika kumpul keluarga hanya terjadi karena ada kerabat yang meninggal dunia? The Darjeeling Limited adalah gambaran kisah itu. Ikatan yang renggang dan gengsi menyebabkan problema pelik bagi tiga bersaudara yang harus keliling India ini. Seperti biasa, Wes Anderson membawa rombongan cast kelas A untuk filmnya. Kali ini, tiga tokoh utamanya dibawakan oleh Owen Wilson, Adrien Brody, dan Jason Schwartzman.  

Fantastic Mr. Fox (2009)
Dapat disaksikan di Catchplay+

Ini kali pertama Wes Anderson bereksperimen membuat film animasi. Masih dengan palet warna pastel yang khas, digabung dengan teknik stop-motion, Fantastic Mr Fox terasa semakin unik. Mengisahkan tentang Mr Fox (diisi suaranya oleh George Clooney), seekor rubah pencuri yang selalu menyerbu lumbung petani. Suatu hari, sang istri, Felicity (Meryl Streep), meminta Mr Fox untuk pensiun dari dunia rampok-merampok. Sebab, dia tengah mengandung. Mr Fox menyanggupi. Mereka tinggal di seuah rumah pohon, di samping ladang milik tiga orang petani. Namun, ternyata di situ ada bahaya lebih besar yang mengancam.

The Grand Budapest Hotel (2014)
Dapat disaksikan di Disney+



Seorang petugas hotel harus menyelesaikan kasus pembunuh seorang tamu? Ya, itulah inti cerita The Grand Budapest Hotel. Seorang manajer concierge, Gustave H (Ralph Fiennes) harus menyelidiki siapa yang menghabisi Madame D (Tilda Swinton). Janda kaya raya berusia 84 tahun yang beberapa tahun terakhir menjalin hubungan rahasia dengan Gustave. Ditemani bell boy muda, Gustave berkelana dari kota ke kota, mencari petunjuk untuk memecahkan kasus itu. Saking cantiknya, The Grand Budapest Hotel masuk nominasi Film Terbaik Academy Awards 2015.

The French Dispatch (2021)
Dapat disaksikan di Disney+

Berlatar 1970an, film ini dikisahkan dari sudut pandang seorang jurnalis. Tentang majalah mingguan The French Dispatch yang terancam gulung tikar. Gara-gara editornya, Arthur Howitzer Jr (Bill Murray jadi cameo di sini), tiba-tiba meninggal akibat serangan jantung. Dalam surat wasiatnya, Howitzer minta majalah berhenti terbit setelah merilis edisi perpisahan. Owen Wilson, salah seorang aktor favorit Wes Anderson, berperan sebagai jurnalis sekaligus narator dalam film itu. Ia mengangkat beberapa kisah unik warga kota untuk dimasukkan dalam edisi perpisahan. Frances McDormand, Willem Dafoe, Benicio Del Toro, Timothee Chalamet, sampai Saoirse Ronan nongol di film ini.

Itulah lima karya Wes Anderson yang masuk daftar wajib tonton. Sebenarnya masih ada beberapa karya lain yang tak kalah spektakuler. Misalnya, Isle of Dog, Moonrise Kingdom, dan The Life Aquatic with Steve Zissou. Boleh ditonton juga jika ada waktu. Sekaligus jadi pemanasan sebelum menyaksikan film terbaru Wes Anderson, Asteroid City. Dibintangi Jason Scwartzman, Scarlett Johansson, dan Tom Hanks, film itu bakal tayang mulai 16 Juni mendatang. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber