Babinsa Inspiratif Serda Joko Mulyono, Olah Pelepah Jadi Rupiah

Babinsa Inspiratif Serda Joko Mulyono, Olah Pelepah Jadi Rupiah

Serda Joko Mulyono (kiri) ketika memperlihatkan kepada Ketua Tim Juri Lapangan Michael Fredy Yacob (dua kanan) tali yang telah jadi dibuatnya dari bahan dasar pelepah pisang kering, Selasa, 16 Mei 2023.-Sahirol Layeli-

Menurut Abdul Aziz, program yang dilakukan Serda Joko sangat membantu perekonomian masyarakat di desanya. “Dampaknya ini sangat luar biasa. Tidak hanya ke ekonomi masyarakat. Tapi, ke dampak lingkungannya juga. Salah satunya banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Gitadi Tegas Supramudyo, akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi penilai babinsa inspiratif dalam Brawijaya Awards ini sangat kagum dengan program Serda Joko.

Namun, ia berharap ke depannya akan ada pelatihan kerajinan tangan untuk mengolah tali dari pelepah pisang tadi. Sehingga, ketika dijual ke luar dengan harga akan lebih tinggi. Ekonomi masyarakat di desa pun akan ikut tumbuh cepat.

“Ini sangat luar biasa. Sekali berjalan, dua program terlaksana sebenarnya. Tidak hanya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tapi, kelestarian lingkungan juga. Lebih luar biasa lagi, kalau tali itu bisa diolah masyarakat menjadi kerajinan tangan,” ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: