Mbah Harun Jamaah Haji Usia 119 Tahun, Rajin Baca Qur'an dan Salat Malam, Khofifah Dibuat Takjub

Mbah Harun Jamaah Haji Usia 119 Tahun, Rajin Baca Qur'an dan Salat Malam, Khofifah Dibuat Takjub

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah, menyapa CJH tertua se-Indonesia, Harun Senar, di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Kamis, 25 Mei 2023-Mochammad Zainul Arya Pamungkas-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Seorang calon jamaah haji (CJH) 2023 tertua di Jawa Timur, namanya Harun Senar, berusia 119 tahun. Mbah Harun -sapaan Harun- tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Rabu malam, 24 Mei 2023.

 

Harun yang berasal dari Pamekasan tergabung di kloter 6. Ia dan rombongannya dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada Kami malam, 25 Mei 2023 melalui Bandar Udara Internasional Juanda pada pukul 19.10 WIB.

 

Rombongan kloter 6 terdiri dari jamaah asal Kabupaten Pamekasan, Pacitan dan Surabaya.

 

Harun terlihat semangat menunggu jadwal keberangkatannya ke Tanah Suci. Ia melakukan ibadah haji dengan ditemani seorang keponakan, Masdi, usia 63 tahun. Meskipun usianya lebih dari seabad, tapi Harun tampak memiliki kesehatan yang baik.

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Demak Wafat di Madinah, Akan Dibadalhajikan

BACA JUGA:Daftar Menu Khas Nusantara Untuk Jamaah Haji

Harun juga beruntung karena berkesempatan bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. pada kamis siang, 25 Mei 2023. 

 

Khofifah dibuat takjub dengan kesehatan Mbah Harun, dan kemampuannya membaca salah satu ayat suci Alquran. Begitu fasih dan lancar.

 

"Gak pakai kursi roda ya," tanya Khofifah, seraya kagum. Harun menyampaikan kalau masih mampu berjalan dan membaca tanpa dengan alat bantu.

BACA JUGA:Layanan Bus Untuk Jamaah Haji Selama di Madinah dan Menuju Makkah

BACA JUGA:Total 67 Ribu Jemaah Kategori Lansia, Kemenag Siapkan Beberapa Pelayanan

"Saya selalu membaca Alquran, usai shalat," ujar pria yang rajin shalat malam itu. Khofifah berharap, Mbah Harun dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar di Tanah Suci. (*)

Sumber: