Cara Patriot Mengabdi KKN UNTAG Surabaya Tingkatkan Penjualan UMKM Lontong Kupang

Cara Patriot Mengabdi KKN UNTAG Surabaya Tingkatkan Penjualan UMKM Lontong Kupang

Komitmen Penguatan Potensi Lokal Desa Balongdowo, Patriot Mengabdi KKN UNTAG Surabaya melalui Pendampingan Pelaku Produk Olahan Kupang.-Patriot Mengabdi UNTAG-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 SURABAYA mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Penguatan Ikon Kampung Berbasis Potensi Lokal Di Wilayah Kecamatan Candi Sidoarjo. Program Patriot Mengabdi itu bertujuan untuk memberdayakan potensi lokal di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Kegiatan KKN digelar sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kelompok Non Reguler 7 (NR7) mendampingin Lontong Kupang Pak SOL di Candi dengan bimbingan Dosen Devi Puspitasari S.Psi., M.psi., Psikolog.

Usaha lontong kupang itu dimulai sejak 1993. Alias sudah 30 tahun.  Pada 4 Juni 2023, Patriot Mengabdi memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Bapak SOL mengenai penjualan olahan kupang secara online melalui platform seperti Shopee Food dan GoFood. Pendampingan branding lewat media sosial juga dilakukan.

BACA JUGA:Mahasiswa Untag Surabaya Belajar Branding lewat Praktikum MICE

BACA JUGA:Nabastala, Warna-Warni Budaya Langit Surabaya ala Mahasiswa Untag

"Banyak pelaku UMKM di  Desa Balongdowo yang belum bisa mengakses dunia digitali," ujar Yogo Subekti, anggota NR7 sekaligus mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis UNTAG

Pemilik Lontong Kupang Pak SOL, Sultoni mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Untag Surabaya atas pendampingan selama ini. Ia berharap produknya makin laris.

“Kalau enggak ada adik-adik. Saya enggak tahu cara jualan di Shopee dan Gofood,” ujar Sultoni. 

Dengan adanya komitmen Patriot Mengabdi melalui KKN UNTAG Surabaya, diharapkan potensi lokal Desa Balongdowo bisa ditingkatkan dengan literasi digital. Diharapkan ilmu dan pendampingan yang diberikan menular ke UMKM lain di Desa Balongdowo. (*) 

Sumber: