Relawan Cak Fauzi ingin Orang Madura Pimpin Jatim

Relawan Cak Fauzi ingin Orang Madura Pimpin Jatim

Para relawan Cak Fauzi yang saat berjalan menuju Agis Restaurant untuk melakukan deklarasi, Senin, 19 Juni 2023-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Relawan Cak Fauzi Jatim mendeklarasikan dukungan kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

 

Deklarasi itu dilakukan di Agis Restaurant, Jalan Raya Wisma Pagesangan, Senin, 19 Juni 2023. Sebagian besar para relawan itu datang menggunakan angkot. Mereka kompak menggunakan kaos putih. Depannya terdapat logo bertuliskan Cak Fauzi Jatim.

 

Relawan itu terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Mulai sopir angkutan umum, tukang becak, mahasiswa, tokoh agama, generasi milenial dan Gen Z. Ada sekitar 300 orang yang tergabung dalam relawan itu. 

 

BACA JUGA:Berwisata Sambil Mengamati Burung Eksotis di TWA Kerandangan, Lombok Barat

 

Koordinator Relawan Cak Fauzi Jatim Asip Irama mengatakan, pulau Madura selama ini selalu luput dari perhatian pemerintah. "Tak ada pembangunan, hanya dijadikan objek bancakan kasus korupsi oleh oknum pejabat," jelas Asip. 

 

Karena itu, para relawan berharap lahir pemimpin baru dari pulau Garam tersebut. Mereka menilai, Achmad Fauzi memiliki visi dan misi nyata sepanjang masa kepemimpinan sebagai Bupati Sumenep. 

 

Karena itu, mereka menilai Cak Fauzi layak untuk bertarung dalam Pilgub Jatim 2024 mendatang. “Orang Madura harus memimpin Jatim. Kami menuntut pemimpin Jatim lebih adil kepada Madura,” mintanya. 

BACA JUGA:Target RI Bebas Malaria 2030 Masih Sulit Tercapai

 

Berbagai program pembangunan dilakukan Cak Fauzi selama menjabat sebagai bupati. Program pembangunan itu pun dirasakan hingga daerah kepulauan di kabupaten tersebut. Misalnya saja, di 2019 lalu, daerah di kepulauan sudah mendapat aliran listrik.

 

Ia juga mampu memerangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Belum lagi, upaya menyuarakan reaktivasi rel kereta api di Madura. 

 

Cak Fauzi, menurut Asip adalah sosok yang ingin mengulang kesuksesan Raden Panji Mohammad Noer. Mantan Gubernur Jatim penggagas Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). 

 

BACA JUGA:Angka Kecelakaan Perlintasan Sebidang Semakin Mengkhawatirkan

 

Ia menjabat Gubernur Jatim selama 9 tahun. Periode 1967-1976. Gubernur Jatim ketujuh ini, memiliki inisiatif menciptakan jembatan Suramadu agar akses Madura-Surabaya lebih mudah.

 

Karena itu, Asip optimistis relawan Cak Fauzi akan menjadi motor lahirnya pemimpin Madura di ranah eksekutif di pemprov Jatim. 

 

Hanya saja, ia mengaku selama ini Cak Fauzi belum memberikan tanda-tanda untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jatim. Walau namanya sudah masuk di berbagai lembaga survei. 

 

BACA JUGA:Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

 

“Kami belum bertemu dengan Cak Fauzi terkait dukungan kami di Jatim. Ini bukan kepentingan kami dan bukan kepentingan Cak Fauzi. Tapi bagi masyarakat ini ditunggu-tunggu. Mereka merindukan kepemimpinan warga Madura di Jatim,” ucapnya.

 

Mereka juga menyadari, tidak bisa mencalonkan Cak Fauzi tanpa melalui partai politik. Fauzi sendiri menjadi bupati Sumenep diusung PDI Perjuangan. Sehingga Asip mengajak masyarakat Madura memberi dukungan kepada Fauzi. Sehingga, menjadi pertimbangan sendiri bagi partainya untuk bisa mengusung Fauzi di pilkada 2024 mendatang.

 

Setelah deklarasi itu, Relawan Cak Fauzi di bawah komando Asip Irama, akan melakukan konsolidasi dan memperluas jangkauan relawan di Madura, Matraman dan Kawasan Tapal Kuda.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: