Antisipasi Jamaah Sakit Pada Puncak Haji, PPIH Sebar Pos Kesehatan Di Penjuru Armuzna

Antisipasi Jamaah Sakit Pada Puncak Haji, PPIH Sebar Pos Kesehatan Di Penjuru Armuzna

Tenda-tenda Jamaah di Mina. PPIH ekstra hati-hati menyiapkan layanan untuk jamaah lansia pada puncak haji-Kemenag-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Persiapan layanan jamaah pada masa puncak haji yang akan digelar di Arafah, Muzdaifah dan Mina atau periode Armuzna terus dimatangkan. 

Selain kesiapan tenda, toilet, dapur dan layanan lainnya secara simultan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan melaksanakan berbagai persiapan untuk pelayanan kesehatan. 

“Beberapa pos kesehatan didirikan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina untuk lebih dapat mendekatkan akses jemaah haji kepada pelayanan kesehatan,” terang Juru Bicara PPIH Pusat Akmad Fauzin di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 22 Juni 2023. 

BACA JUGA:Kasus Formula E Masih Penyelidikan, KPK Bantah Incar Anies

BACA JUGA:Tinjau Mina, Menag Minta AC dan Toilet Ditambah

Di Arafah sendiri, PPIH mendirikan 1 pos kesehatan (Poskes) utama dan 6 Poskes satelit yang ditempatkan menyebar di dekat tenda-tenda jemaah.  

“Poskes di Arafah dioperasikan oleh tim kesehatan Daerah Kerja Bandara dan dibantu oleh Emergency Medical Team (EMT) dan Tim Promosi Kesehatan,” sambung Fauzin. 

Ia menyebut, poskes utama di Arafah berkapasitas sekitar 30 bed perawatan dan fasilitas pemulihan jika terjadi heatstroke. Pos kesehatan satelit tersebut untuk penanganan pertama dan sifatnya sementara. 

BACA JUGA:Serba-Serbi Pameran UMKM Pasuruan City Expo

BACA JUGA:Gratis! Europe on Screen Kembali Hadir di Surabaya, Putar Belasan Film

“Jika membutuhkan perawatan kesehatan lebih lanjut, jemaah dapat dikirim ke pos kesehatan utama Arafah, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah atau Rumah Sakit Arab Saudi,” kata Fauzin. 

Fauzin menambahkan, setelah melaksanakan wukuf di Arafah, jemaah haji akan bermalam di Muzdalifah. Di Muzdalifah, juga terdapat pos kesehatan sebanyak 11 unit yang dioperasikan oleh tim kesehatan dari KKHI Makkah. 

Operasional Poskes ini hanya semalam, sementara tim kesehatan Makkah akan kembali ke KKHI Makkah.  

“Tim kesehatan Makkah ini selanjutnya disiagakan untuk menangani kasus rujukan dari Poskes Mina. Untuk pelayanan kesehatan jemaah selama di Mina, PPIH mendirikan pos kesehatan utama yang dioperasionalkan oleh tenaga kesehatan KKHI Madinah,” tambahnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: