Anies Baswedan Umumkan Cawapres Setelah Berhaji

Anies Baswedan Umumkan Cawapres Setelah Berhaji

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melepas Anies Baswedan yang akan menunaikan inadah haji di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. -Dokumetasi Anies Baswedan-

JAKARTA, HARIAN DISWAY -  Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama berangkat ibadah haji bulan ini. Bedanya, Anies sudah mengantongi nama sosok pendampingnya sebagai cawapres. Dan kemungkinan bakal diumumkan sepulang dari Tanah Suci nanti.

"Sudah disampaikan Mas Anies ke Tim Delapan ya," tandas Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Imelda Sari, Senin, 26 Juni 2022. Sosok cawapres itu pun sudah disepakati bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Nama-nama yang diusulkan tiga partai dan masukan masyarakat sudah dikaji.

Sebelum berangkat haji, Anies Baswedan memimpin langsung rapat dengan Tim Delapan di Sekretariat KPP, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bahkan Anies diantar langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Dalam rapat itu, tidak ada lagi pembahasan soal cawapres. Tetapi, sudah memperkuat langkah strategi pemenangan. Terutama persiapan membentuk tim pemenangan nasional. "Juga opsi waktu deklarasi pasangan capres dan cawapres," tambah Imelda.

Partai Demokrat pun siap untuk berkolaborasi dengan seluruh anggota koalisi dan relawan Anies. Para kader Partai Demokrat telah merapatkan barisan. Bersiap untuk turun bersama dengan para kader partai koalisi, dan Relawan Pro Perubahan di seluruh Indonesia. Lantas siapakah sosok pendamping Anies itu?

BACA JUGA:Temui SBY di Pacitan, Anies Baswedan Makin Dekat ke AHY di Pilpres 2024

BACA JUGA:Prof Denny Indrayana Sebut Skenario Pamungkas Istana: KPK Segera Tetapkan Anies Baswedan Tersangka

Belum ada yang mau membocorkannya. Termasuk Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ada kandidat kuat selain AHY yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Saya pikir memang sering kita dengar nama itu, Mbak Khofifah kan, mungkin salah satu di antaranya," ujarnya kepada wartawan dalam acara kunjungan kerja dan konsolidasi persiapan menghadapi pemilu 2024 di Kantor DPW NasDem, di Denpasar, Bali, kemarin. 

Selain itu, Paloh juga menanggapi isu terkait Anies yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E oleh KPK. Sebagaimana yang diungkap Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana. Bahwa penetapan tersangka itu dilakukan untuk menjegal Anies maju di Pilpres 2024.

"Dengan segala penghormatan saya kepada Denny, saya tidak punya keyakinan ke arah itu. Saya pikir tidak ada," tandasnya. Paloh selalu optimistis dengan keputusannya mendukung Anies. Meski banyak kabar miring tentang penjegalan capresnya itu.

Begitu juga soal dua kader NasDem yang saat ini menghadapi kasus hukum. Paloh mengatakan, dua menteri kader NasDem itu bisa terlibat kasus. Tetapi, ada kemungkinan yang memang berkaitan dengan kepentingan politik. 

Sehingga kadernya diincar penegak hukum. Ia menyadari bahwa tidak selamanya kompetisi berjalan dengan sehat. "Tapi, kita ingin berupaya membangun sebuah kompetisi yang harmoni. Realitanya, itu perlu kita perjuangkan terus menerus. Tidak gampang," tandasnya.

Isu campur tangan kekuasaan untuk menjegal Anies itu memang menguat. Bahkan tersebar dugaan Presiden Joko Widodo tidak menyukai sosok cawapres yang diusung KPP tersebut. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun ikut menanggapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: