Nostalgia Lewat Makanan di Restoran Aloha

Nostalgia Lewat Makanan di Restoran Aloha

Salah satu menu andalan Restoran Aloha, tahu bungkus kado-Julian Romadhon - Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagian besar orang biasanya bernostalgia dengan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki histori dalam perjalanan hidupnya. Contohnya, mengunjungi restoran atau tempat makan yang dulu sering didatangi bersama keluarga. Lalu, bagaimana jika tempat tersebut sudah tidak ada lagi? Atau lokasinya sudah pindah ke tempat lain? 

Hal tersebut terjadi pada Restoran Aloha. Setelah 53 tahun berada di Sawotratap, Waru, Sidoarjo, kini rumah makan legendaris itu pindah. Alasanya, ada pembangunan flyover aloha. Ya, nama restoran chinese food itu begitu melekat. Sampai-sampai lokasi dan flyover di Waru itu diberi nama Aloha. Menunjukkan betapa legendarisnya restoran yang saat ini pengelolaannya sudah sampai generasi ketiga tersebut.

BACA JUGA: Kangen Masakan Restoran Aloha? Kini Buka di Jalan Indragiri Surabaya

''Tiap kali ketemu orang, pasti ngomongin Aloha,'' cerita Gladys Wahjudi, anak pemilik Restoran Aloha, saat ditemui Harian Disway Rabu, 28 Juni 2023. ''Biasanya mereka mengnang, 'Iya, dulu saya kalau pacaran ke Aloha,' atau 'Aku dulu diajak papa mama, diajak engkong ke Aloha.' Kan ketahuan banget kalau ini restoran keluarga,'' lanjut Gladys.


Lokasi baru Aloha Restaurant di Jalan Indragiri, samping Gelora Pancasila dan Lapangan THOR, Surabaya. -Foto: Restaurant Aloha-

Restoran Aloha punya cara tersendiri agar pelanggannya masih tetap bisa bernostalgia. Meskipun, sekarang sudah menempati lokasi yang baru di Jalan Indragiri, Surabaya. Tepat di samping GOR Gelora Pancasila. Atau biasa disebut lapangan Thor.

BACA JUGA:Restoran Aloha Pindah ke Surabaya: Furnitur Pakai Kayu Jati Koleksi Ibu

Anda tetap bisa bernostalgia di Restoran Aloha. Karena, restoran yang ada sejak 1970 ini tetap konsisten mempertahankan rasa makanan Tionghoa jadul, yang jadi andalan mereka. ''Koki kita masih yang lama. Dari tahun 1970 sampai sekarang,'' jelas Gladys.

 

Gladys menceritakan, beberapa hari lalu ada engkong-engkong datang dari Solo. Ia memesan sate ayam. Setelah makan, pria yang menurut Gladys sudah sangat tua itu mengatakan, bahwa rasa makanannya masih sama seperti dulu.


Bagian dalam Restoran Aloha yang baru di Jalan Indragiri, Surabaya-Julian Romadhon - Harian Disway-

 

Ada cukup banyak menu yang disajikan di Restoran Aloha. Dan hampir semua menjadi menu favorit pelanggan mereka. Seperti bakmi hokian, udang rebus, tumis kangkung, dan masih banyak lagi.

 

Di tengah-tengah perbincangan, Gladys menawarkan wartawan dan jurnalis foto Harian Disway untuk mencicipi makanan andalan mereka. Salah satu makanan yang disajikan kepada adalah tahu bungkus kado. Camilan itu berisi udang, daun bawang, dan tofu yang dibungkus dengan kulit tahu. Kata Gladys, makanan itu hanya ada di Restoran Aloha. Kulit tahunya pun diimpor langsung dari Tiongkok

 

Sepertinya Restoran Aloha akan tetap melegenda di tempat yang baru. Karena mereka menjual makanan jadul, namun dengan lokasi yang mengikuti perkembangan jaman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: