Gestur Dukungan

Gestur Dukungan

Ilustrasi Jokowi di antara Prabowo dan Ganjar.-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BACA JUGA:Cawe-Cawe Presiden Jokowi di Pilpres 2024

Saya membaca, itulah cara Jokowi untuk memperlihatkan orang-orang paling dekat dengan dirinya. Jokowi pun sering melakukan hal semacam itu sebagai isyarat. Tidak kali ini saja.

Beberapa hari sebelum acara bola tersebut, Jokowi juga menenteng Prabowo saat peresmian pembangunan Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Jokowi dan Prabowo menjadi bintang di acara yang diselenggarakan taipan Aguan itu. 

Kalau bukan relasi spesial, Jokowi tentu tak perlu mengajak menteri pertahanan di acara kesehatan. Seperti menenteng ”putra mahkota”.

Pertengahan Maret lalu pun, Jokowi mengajak Prabowo untuk menemui petani di Magelang. Alasannya, Menhan Prabowo diberi tugas ekstra untuk mengawal proyek food estate. Di tengah sawah, hanya terlihat tiga orang:  Jokowi bersama Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar. Hanya mereka bertiga yang mengetahui apa yang dibahas.

Relawan Jokowi Arie Setiadi mengungkapkan, Jokowi ingin sekali menduetkan Prabowo dan Ganjar. Pintunya belum ketemu karena masing-masing partai menempatkan mereka sebagai capres. 

BACA JUGA:Jokowi, Antara Relawan dan Parpol

Langkah Jokowi yang masih bergeser seperti bandul itulah yang membuat Pro-Ganjar dan kubu Prabowo tak henti-hentiya saling klaim mendapat restu. Sama-sama merasa didukung presiden.

Kubu PDIP yakin Jokowi tetap setia dengan partainya. Kader senior PDIP Panda Nababan menyebut Jokowi hanya menyenangkan hati Prabowo. Sebab, di pilpres nanti Jokowi berdiri di belakang Ganjar.

BACA JUGA:Anies Baswedan Umumkan Cawapres Setelah Berhaji

BACA JUGA:Prof Denny Indrayana Sebut Skenario Pamungkas Istana: KPK Segera Tetapkan Anies Baswedan Tersangka

BACA JUGA:Demokrat Masih Yakin Anies Pilih AHY Tapi Khofifah Menguat

Bahasa gestur juga ada di kubu Koalisi Perubahan. Lihat saja video saat Anies Baswedan berangkat haji. Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melepas keberangkatan Anies langsung di bandara. Begitu akrabnya, keduanya sudah seperti ”wapres melepas keberangkatan presiden”. 

AHY antar Anies Baswedan (kanan) naik haji 2023/1444 H.

Dan, rencananya, sepulang ibadah haji ini, Anies mengumumkan bakal cawapres yang akan mendampinginya. Clue untuk AHY? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: