Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ruang Publik Super Bersih Hotel Ciputra World (13)

Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ruang Publik Super Bersih Hotel Ciputra World (13)

Sky Pool Hotel Ciputra World Surabaya menawarkan sensasi pemandangan Kota Pahlawan dari atas ketinggian. -Julian Romadhon/Harian Disway-

Hotel Ciputra World memikat hati pengunjung dengan keindahan dan kemewahan yang tak terbantahkan. Namun, bukan hanya wujud fisiknya yang memukau. Upaya manajemen hotel dalam menjaga kebersihan, mendapat apresiasi di ajang Surabaya Tourism Awards 2023. Hotel bintang lima itu menyabet gelar juara untuk kategori The Cleanest Public Area.

 

Penjurian kategori The Cleanest Public Area pada hotel menampilkan dua fakta. Pertama, masih ada hotel yang punya catatan soal urusan kebersihan ini. Kedua, banyak sekali hotel yang sangat ketat pada kebersihan. Dari semua hotel paling bersih itu, tim juri STA 2023 memilih Hotel Ciputra World sebagai jawaranya.

Harian Disway kembali mengunjungi hotel itu, Jumat, 30 Juni 2023. Saat pertama kali menginjakkan kaki di lantai dasar, pengunjung langsung merasakan kemewahan yang mempesona. Ternyata, lobi utama hotel bukan di sana. Ada di lantai delapan.

Begitu keluar lift, pengunjung akan disambut oleh dua patung balerina dengan warna gelap yang elegan. Meja resepsionis, terletak tepat di depannya. Lampu-lampu kristal yang tergantung di ruangan tersebut semakin memperkuat kesan mewah.

Lantai delapan memiliki tiga tempat publik yang sangat diminati pengunjung. Antara lain, lunch indoor dan outdoor, serta ballroom. Di lantai yang sama, terdapat satu tempat lagi yang menjadi favorit: toilet. "Kadang niatnya bukan ke toilet, tetapi sekedar berfoto," ujar Lamida Maharaja, Executive Housekeeper Hotel Ciputra World, Sabtu, 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Kenangan Abadi di Lobi Hotel Majapahit (12)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ketulusan Hotel Bumi Perlakukan Batik (11)

Rupanya, lampu-lampu kristal juga menghiasi ruangan toilet. Kalau toiletnya saja sudah begitu, bagaimana dengan ruang publik lainnya?. Karena itulah, juri Surabaya Tourism Awards 2023 tak ragu menetapkan Hotel Ciputra World sebagai jawara di kategori kebersihan area publik.

Ruang publik lainnya dalam hotel ini terletak di lantai 22. Di sana terdapat kolam renang, ruang spa, fitness centre, dan executive lunch. Dari atas sana, pemandangan Kota Pahlawan bisa disaksikan dengan nuansa yang tenang. 


Suasana smooking lounge Hotel Ciputra World yang nyaman dan berwarna.-Sahirol Layeli/Harian Disway-

Sedangkan di lantai tujuh terdapat restoran dan ruang rapat. Demi menjaga kenyamanan para pengunjung, Lamida dan timnya selalu memastikan kebersihan tempat-tempat tersebut.

Dalam satu shift, terdapat empat orang yang bertugas. Mereka dengan cermat memperhatikan kebersihan hotel selama delapan jam bekerja. "Sebenarnya, kebersihan ini adalah tanggung jawab bersama. Di sini, kami mengutamakan kerjasama tim. Jadi, ketika ada yang kotor, tidak perlu menunggu tim kebersihan untuk datang. Semua petugas hotel siap membersihkannya," jelasnya.

Namun, beberapa pekerjaan memang menjadi tanggung jawab khusus housekeeper. Misalnya, memberikan sofa dan karpet, serta beberapa pekerjaan lain yang dijadwalkan. "Ada yang dilakukan setiap bulan, tiga bulan, atau setahun sekali. Seperti pembersihan lampu kristal ini, kami lakukan setiap tiga bulan," tambahnya.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Yuk, Berwisata Bersama Grand Dafam Signature (10)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Surabaya Tourism Awards 2023: UMKM Naik Kelas di Pop! Hotel Stasiun Kota (9)


Peserta Yoga memanfaatkan teras Sky Pool Hotel Ciputra World untuk latihan.-Julian Romadhon/Harian Disway-

Walau begitu, terkadang ada beberapa tempat yang harus lebih sering dibersihkan. Salah satunya sofa. Jika jumlah pengunjung hotel meningkat, tempat tersebut tidak boleh meninggalkan kotoran sedikit pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: